Senin 04 Jul 2016 16:41 WIB

7 Ragam Investasi untuk Gaji di Bawah Rp 5 Juta

Selain saham dan reksadana, obligasi bisa menjadi salah satu sarana investasi.
Foto: Aditya Pradana P/Republika
Selain saham dan reksadana, obligasi bisa menjadi salah satu sarana investasi.

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Saat ini program edukasi investasi semakin banyak dan semakin sering diadakan, mulai yang berbayar hingga yang gratis. Bahkan keberadaan internet membantu memberikan informasi seputar dunia investasi. Setiap jenis investasi memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, sehingga ada baiknya Anda mengetahui perhitungan dari setiap jenis investasi yang ingin dilakukan.

Untuk menambah wawasan, berikut tujuh jenis investasi yang dapat dilakukan dengan gaji di bawah Rp 5 juta.

Deposito

Deposito merupakan salah bentuk investasi yang memiliki tingkat risiko rendah, sehingga sering menjadi pilihan pertama bagi sebagian besar masyarakat dalam menyimpan uang atau berinvestasi. Namun deposito memiliki beberapa aturan dan ketentuan yang sudah ditetapkan bank yang sifatnya cukup kaku dalam hal investasi.

Jumlah minimum investasi untuk deposito tiap bank berbeda-beda sesuai kebijakannya masing-masing, ada yang di bawah Rp 5 juta, namun sebagian besar menetapkan jumlah minimum investasi adalah Rp 5 juta. Selain itu, kelebihan deposito adalah uang yang Anda miliki dijamin aman oleh pihak pemerintah, sehingga jika terjadi sesuatu terhadap bank, maka Anda dapat menuntut dan memastikan uang yang diinvestasikan tersebut dapat kembali utuh secara legal.

Reksadana

Reksadana merupakan salah satu pilihan investasi bagi Anda yang memiliki modal kecil, tetapi ingin mendapatkan hasil yang maksimal. Reksadana merupakan bentuk investasi jangka panjang dan memang diperuntukkan bagi masyarakat kelas menengah. Dengan uang Rp 5 juta, Anda bisa membeli reksadana dan mendapatkan keuntungan sesuai dengan jenis reksadana yang dipilih.

Ada 4 jenis reksadana, yaitu: reksadana pasar uang, reksadana pendapatan tetap, reksadana campuran dan reksadana saham. Reksadana pasar uang merupakan reksadanaAdd Existing yang memberikan keuntungan paling rendah dengan risiko rendah juga. Sedangkan reksadana saham merupakan reksadana yang memberikan keuntungan paling tinggi dengan risiko tinggi juga.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement