Ahad 03 Jul 2016 06:01 WIB

Berikan Kepercayaan Saat Anak Bantu Bersihkan Rumah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ibu membersihkan rumah.
Foto: Repulika/Prayogi
Ibu membersihkan rumah.

REPUBLIKA.CO.ID, Saat anak membantu membersihkan rumah, sebaiknya orang tua memberikan kepercayaan. Hal tersebut diungkapkan oleh Psikolog Klinis Anak, Nadya Pramudita.

Nadya mengatakan saat pekerjaan anak kurang memuaskan orang tua bisa saja langsung mengulangi pekerjaan tersebut atau bahkan berhenti meminta tolong kepada anak karena dinilai membuang-buang waktu. Tetapi kalau ini yang terjadi, maka anak tidak belajar untuk bekerja semakin baik. Bahkan anak bisa merasa tidak dihargai dan merasa tidak mampu menyelesaikan tanggung jawabnya.

“Tidak mungkin anak bisa langsung mengerjakan tugasnya dengan sempurna. Pasti melalui proses belajar,” ungkapnya kepada Republika.co.id.

Sarannya, lebih baik dengan pendekatan santai mengajak anak melihat apakah pekerjaannya sudah baik. Atau bisa diberikan beberapa arahan apa yang masih bisa diperbaiki.

Kalaupun orang tua masih ingin memperbaiki (mengulang) pekerjaan yang telah dikerjakan anak, jangan segera dilakukan dan jangan dilakukan di depan si anak. Orang tua pun pasti ingin melihat anaknya bangga atas pekerjaannya sendiri.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement