Jumat 01 Jul 2016 07:17 WIB

Sarimbitan Saat Lebaran? Kuno, Sebut Dian Pelangi

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Ragam gaya busana Hari Raya
Foto: Republika/Raisan Al Farisi
Ragam gaya busana Hari Raya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Tren hijab Lebaran tahun ini mengedepankan kesan simpel namun tetap elegan. Desainer Dian Pelangi juga menegaskan jika busana berlebaran harus multifungsi.

"Jadi nggak monoton, jadi multifungsi dalam arti kata bajunya itu bisa di tata gaya bermacam-macam," ujarnya. Dengan busana yang bisa digayakan bermacam-macam akan membuat busana berkesan lebih segar. Tujuannya melihat dengan kebiasaan berlebaran yang mengunjungi beberapa tempat dalam satu hari.

Dian juga menyarankan untuk tetap menyertakan warna-warna yang melambangkan datangnya Hari raya yang penuh kesucian. Penggunaan warna putih dan pastel tidak akan ada matinya untuk dikenakan saat Lebaran.

"Model baju juga, kalau mau sarimbitan atau seragaman sama keluarga, sama suami, sama anak, sama orang tua, kayanya kalau menurut aku sudah tidak zaman banget," kata Brand Ambassador  Wardah ini.

Untuk mengesankan keselarasan berbusana keluarga, Dian menyarankan tidak membuat seragam yang sama persis. "Atau perpaduan warna monokrom, ya sudah, yang laki-laki hitam, perempuan putih, anak-anak abu-abu, sehingga lebih harmonis warnanya," kata Dian.

Jika memang ingin menggunakan satu paduan warna bisa dengan yang senada. Dian mencontohkan paduan warna pink, seperti jika laki-laki menggnuakan dusty pink, maka perempuan bisa baby pink, dan anak-anak menggunakan shocking pink.

Penggunaan siluet baju pun, Dian menyarankan, untuk menggunakan yang senyaman mungkin. Boleh mengenakan celana, tapi dipadukan dengan atasan yang panjang, termasuk siluet tangan yang sering kali diabaikan.

"Hindari tangan-tangan lonceng atau tangan-tangan balon, karena kita Lebaran makan-makan, kadang suka nyemplung di kuah apa, itu kalau lengan yang lebar dikit sudah repot," kata Dian.

Hindari pula penggunaan aksesori ketika berlebrana. Aksesoris hanya akan membuat ribet dan jika ingin tetap terlihat terisi disarankan untuk mengenakan baju yang sudah ada payetnya sehingga tidak perlu mengunakan aksesoris.

Sedangkan untuk penggunaan hijab, tidak dianjurkan menggunakkan bahan yang cepat lusuh dan lecek, hindari bahan licin, harus menyerap keringat, dan tidak cepat bau. Lebih dianjurkan bahan polyester dan sifon  daripada bahan-bahan dengan serat alam dan satin.

(baca: Minimalis Rilis Koleksi Ramadhan Multifungsi Bergaya Maroko)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement