Senin 27 Jun 2016 08:22 WIB

Beginilah Cara Membuat Layang-Layang Sederhana

Rep: MGROL69/ Red: Andi Nur Aminah
Membuat layang-layang sederhana
Foto: MGROL69
Membuat layang-layang sederhana

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Meskipun menjadi mainan tradisional Indonesia, nyatanya masih banyak anak-anak yang tidak tahu cara membuat layang-layang. Padahal layang-layang dapat di buat dengan cara yang sederhana dan murah.

    

Dalam sebuah kesempatan di Museum Layang-Layang Indonesia, anak-anak dari beberapa yayasan di Jakarta mempraktikkan pembuatan layang-layang sederhana. Beberapa petugas museum mendampingi mereka selama proses pembuatan layang-layang.

    

Setiap anak diberikan kerangka layang-layang yang terbuat dari bambu tipis. Kerangka sudah jadi itu diberikan untuk mengantisipasi kecelakaan kerja pada anak saat meraut kerangka. Kemudian, anak-anak diminta untuk memberi lem kertas di kerangka tersebut secara merata.

Setelah itu, mereka mulai menempeli kerangka itu dengan kertas yang sudah disediakan. Kemudian gunting kertas sampai seukuran kerangka. Lalu, di bagian ujung kertas diberi lem dan di lipat agar sisinya terlihat rapi.

Anak-anak diminta untuk menuliskan nama mereka masing-masing di layang-layang tersebut. Setelah itu, mereka diperbolehkan menggambar sesuai dengan imajinasi masing-masing di atas layangan yang sudah jadi itu.

(Baca Juga: PALYJA Buka Bersama Tiga Yayasan Panti Asuhan)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement