Jumat 10 Jun 2016 14:17 WIB

Ini Cara Mudah Buat Santan dengan Blender

Rep: Adysha Citra R/ Red: Andi Nur Aminah
Santan buatan sendiri
Foto: Thekitchn
Santan buatan sendiri

REPUBLIKA.CO.ID, Santan merupakan bahan makanan yang dapat digunakan dalam berbagai masakan. Sebagian orang cenderung memilih santan kemasan karena lebih praktis dan tak membutuhkan banyak waktu untuk memarut dan memeras kelapa hingga menjadi santan.

Sayangnya, sangat jarang ditemukan santan kemasan yang tidak mengandung zat kimia tambahan. Oleh karena itu, santan segar merupakan opsi yang terbaik.

Seperti dilansir The Kitchn, untuk membuat santan segar yang mudah, Anda tak perlu repot-repot memarut sendiri kelapa Anda. Yang perlu Anda lakukan ialah membeli kelapa parut segar langsung dari pedagang.

Bahan lain yang diperlukan untuk membuat santan dengan mudah ialah air hangat dan blender. Untuk setiap delapan ons kelapa, Anda membutuhkan empat cangkir air panas yang hampir mendidih sebagai campurannya.

Langkah yang perlu dilakukan juga cukup mudah. Anda bisa mulai proses pembuatan santan ini dengan mencampurkan kelapa parut dan air panas ke dalam blender. Masukkan terlebih dahulu kelapa parut dalam blender, kemudian tuang air panas tepat di atas kelapa parut.

Setelah mencampur keduanya dalam blender, diamkan kelapa parut dan air panas selama beberapa menit. Dalam proses ini, blender harus dalam keadaan mati. Proses ini bertujuan agar kelapa parut menjadi lebih lembut.

Setelah kelapa parut melembut, nyalakan blender dalam posisi paling tinggi selama satu sampai dua menit. Biarkan kelapa parut dan air panas menyatu hingga kelapa parut mejadi puree dan campuran tersebut menyerupai tekstur susu yang agak kental.

Mengingat masih ada serpihan kelapa parut yang terdapat dalam campuran santan tersebut, Anda perlu menyaring santan dari blender dengan menggunakan kain dapur. Anda dapat memeras sisa-sisa kelapa yang tersaring di dalam kain yang digunakan untuk menambah volume santan Anda. Sisa kelapa parut ini bisa dibuang atau keringkan hingga menjadi tepung kelapa.

Santan segar yang dibuat dengan mudah ini dapat segera digunakan. Anda juga dapat menyimpan santan segar ini terlebih dahulu dalam wadah kedap udara. Selama tidak digunakan, santan segar ini dapat disimpan terlebih dahulu di dalam kulkas hingga empat hari. Akan tetapi jika dalam keadaan beku, santan Anda dapat bertahan hingga tiga bulan dalam freezer.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement