Jumat 10 Jun 2016 12:21 WIB

Yuk, Buat Sendiri Keripik Kentang Renyah di Rumah

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Andi Nur Aminah
Kripik kentang
Foto: kresley
Kripik kentang

REPUBLIKA.CO.ID, Tertarik untuk membuat sendiri keripik kentang renyah seperti dalam makanan ringan kemasan? Akan mudah dilakukan jika Anda menggunakan microwave.

Caranya, siapkan beberapa butir kentang, garam, bumbu sesuai selera, semangkuk air dingin, dan minyak zaitun (opsional). Hal pertama yang harus Anda lakukan ialah memotong kentang dan mengirisnya tipis-tipis.

Kunci kerenyahan keripik kentang rumahan ialah dengan mengiris sangat tipis, antara 1,5 sampai tiga milimeter. Gunakan slicer khusus atau pisau dapur yang sangat tajam untuk mendapatkannya.

Setelah diiris, cuci kentang dan rendam dalam air dingin selama beberapa waktu untuk menghilangkan pati. Keringkan semuanya, kemudian oleskan minyak zaitun serta taburi garam dan bumbu rempah lain.

Tempatkan irisan pada wadah khusus tanpa menempel satu sama lain dan masukkan dalam microwave pada daya 100 persen selama tiga menit. Balikkan irisan dan masak kembali pada daya 50 persen selama tiga menit.

Ambil irisan yang sudah garing dan kecokelatan lalu masak kembali keripik yang tersisa pada daya 50 persen selama satu menit. Simpan dalam stoples atau wadah kedap udara agar keripik kentang renyah ala Anda bisa dinikmati beberapa hari ke depan.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement