Senin 06 Jun 2016 09:35 WIB

Sejak Umur 3 Tahun Anak tidak Perlu Tidur Siang

Rep: Dwina Agustin/ Red: Indira Rezkisari
Anak tidur
Foto: flickr
Anak tidur

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Ibu sering sekali memaksa anak-anak untuk tidur siang demi kesehatan. Padahal pada umur tiga tahun anak sudah tidak memerlukan lagi tidur siang.

"Ada masa tertentu anak itu tidak lagi memerlukan tidur siang, cukup dengan tidur malam yang tepat," kata dr. Aman Bhakti Pulungan, Sp.A(K), dokter spesialis anak juga konsultan endokrin metabolik & diabetes anak RS Pondok Indah dalam acara "Bagaimana Menjadi Anak Sehat, Tinggi, dan Cerdas", akhir pekan lalu.

Ketua Ikatan Dokter Anak Indonesia Pusat ini menjelaskan, anak berumur hingga 1 minggu dalam sehari memang memiliki jumlah waktu tidur hingga 16 jam. Jumlah tersebut terdiri dari 8 jam di malam hari dan 8 jam di siang hari.

Semakin bertambah umur anak, maka jumlah waku tidur pun berkurang, terutama dalam waktu tidur siang mereka. Anak ketika mencapai usia tiga tahun lebih sudah tidak lagi memerlukan tidur siang, sehingg orang tua tidak perlu memaksakannya.

"Ini ada hormon yang keluar malam hari dan ada yang juga siang hari, sudah ada bagiannya, sehingga anak tidak perlu diganggu waktu tidurnya," kata dr. Aman.

Anak berusia tiga tahun cukup dipenuhi kebutuhan tidur malam yang mencapai 10 hingga 11 jam. Ibu harus mengatur waktu agar anak terpenuhi waktu tidur malam sehingga siang hari tidak perlu tidur kembali di siang hari.

(baca: Memasak Bareng Eratkan Hubungan Ersa Mayori dan Anak)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement