Senin 06 Jun 2016 07:02 WIB

Empat Kawasan yang Pengaruhi Kuliner Uzbekistan

Rep: c38/ Red: Andi Nur Aminah
Bumbu dan rempah yang memengaruhi kuliner Uzbekistan
Foto: Olivemagazine
Bumbu dan rempah yang memengaruhi kuliner Uzbekistan

REPUBLIKA.CO.ID, Kuliner Uzbekistan sangat dipengaruhi oleh negara-negara yang mengelilinginya. Negara ini terkurung daratan di jantung Asia Tengah. Dilansir dari Olive Magazine, Ahad (5/6), berikut ini beberapa kawasan yang memengaruhi khazanah masakan negara tersebut.

Di sebelah timur, Cina, memberi pengaruh terhadap penggunaan kecap, jahe, dan cuka. Lagman, rebusan daging hangat dengan mie, sangat dipengaruhi kuliner khas Cina.

Beralih ke daerah selatan, kekhasan kuliner ala Afghanistan, Pakistan, dan India yang kaya rempah-rempah akan menyapa lidah Anda. Kendati, penggunaan bumbu rempah di Uzbek tak sepekat negara asal.

Di sebelah utara, ada Rusia yang turut memengaruhi kuliner Uzbekistan. Citarasa Rusia masuk saat negara itu masih berada di bawah wilayah Uni Soviet.

Iran dan Turki di bagian barat barangkali menjadi kuliner paling berpengaruh dalam khazanah masakan Usbekistan. Ada banyak rasa menonjol ala makanan Persia di Uzbek.

Kunyit, buah delima, rempah segar, pistachio, almond, buah-buahan kering, kebab panggang, adalah beberapa item yang dapat ditemukan dalam daftar menu kuliner Uzbek.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement