Senin 06 Jun 2016 06:30 WIB

6 Rekomendasi Tempat Makan Terbaik di Uzbekistan

Rep: c38/ Red: Andi Nur Aminah
Menu Uzbekistan
Foto: Olivemagazine
Menu Uzbekistan

REPUBLIKA.CO.ID, Anda berencana melancong ke Uzbekistan dan bingung mencari rekomendasi tempat makan? Jangan khawatir. Penulis kuliner, Eleanor Ford dalam Samarkand: Recipes and Stories from Central Asia and the Caucasus (Juni, 2016) punya enam rekomendasi tempat makan buat Anda.

Dilansir Olive Magazine, Ahad (5/6), berikut enam tempat tersebut.

Central Asian Plov Centre

Plov adalah raja kuliner Uzbekistan. Pusat plov, di Tashkent, adalah tempat paling sempurna untuk mencicipnya.  Koki spesialis Plov yang disebut Oshpaz akan menghidangkan makanan ini bersama daging dan nasi di tenda outdoor raksasa. Aromanya yang menggugah selera akan memenuhi udara.

Chustiy Cuisine

Sebagai kampiun media sosial, Chustiy Cuisine mengkhususkan diri untuk membuat hidangan tradisional Uzbek lebih modern. Ia tidak lagi bermain dengan citarasa dan bahan-bahan klasik. Samsa (pastry renyah yang diisi domba) dan lagman (kuliner berbahan baku mie) di tempat ini patut dicoba.

Platan

Restoran Samarkand ini memiliki teras outdoor yang menarik, terpisah dari jalan oleh dinding air. Tempat ini menyajikan hidangan lokal, seperti chalop, kebab domba asap, dan manti. Hidangan ini merupakan perpaduan Asia Tengah-Korea, warisan dari setengah juta warga Korea yang diasingkan ke wilayah tersebut selama Perang Dunia II.

Old City

Terletak di Samarkand, restoran Old City memiliki daftar menu panjang dan bervariasi, baik hidangan lokal maupun Rusia. Tempat ini menyediakan salad sayuran segar dan sangat cocok bagi vegetarian.

Hotel Amelia

Hotel Amelia sangat direkomendasikan bagi Anda yang ingin sarapan. Pancake fluffy, donat, roti hangat, aprikot, tart yogurt, dan ceri kuning segar siap untuk disantap. Resto ini terletak di rumah seorang pedagang Yahudi abad ke-19.

Restauran Tua Bukhara

Restoran beratap atraktif ini menawarkan pemandangan magis Kota Bukhara. Meja-meja diletakkan dengan kain ikat dan relung yang diisi dengan tembikar Uzbek berwarna-warni. Pilih shashlik atau kebab yang baru turun dari atas panggangan arang, kemudian kunyah bersama roti dan salad tomat.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement