Rabu 25 May 2016 07:34 WIB

6 Kebiasaan Perusak Kualitas Tidur Anda

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Tidur mendengkur
Foto: pixabay
Tidur

Mengecek Ponsel Pintar di Kasur

Layar LED pada ponsel pintar Anda dapat memancarkan cahaya biru. Berdasarkan penelitian, cahaya biru ini dapat merusak pengelihatan dan menekan produksi hormon melatonin yang dapat membantu siklus tidur Anda.

Oleh karena itu, agar kualitas tidur lebih baik, Anda perlu menjauhi ponsel pintar Anda sebelum tidur. Salah satu cara menjauhi ponsel pintar Anda ialah mematikan semua gawai Anda 30 menit sebelum tidur.

Bekerja di Atas Kasur

Cahaya yang dipancarkan laptop Anda juga dapat mencegah otak dalam melepaskan melatonin. Selain itu, bekerja di atas kasur juga membuat Anda cukup sulit untuk menentramkan pikiran sebelum Anda tidur.

Di samping itu, melakukan pekerjaan di atas kasur juga dapat membuat kesan kamar tidur berubah menjadi tempat bekerja. Semakin sering Anda bekerja di kamar, semakin kuat otak Anda mengasosiasikan kamar sebagai tempat untuk bekerja dengan fokus dan siap-siaga.

Minum Kopi Siang dan Malam

Minum kopi dapat menambah energi ketika merasa lelah di malam hari. Akan tetapi pada dasarnya minum kopi di siang atau sore dan malam hari dapat menyebabkan kelelahan dalam jangka panjang. Pasalnya, kafein dalam kopi butuh waktu selama enam jam untuk 'hilang' dari tubuh.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement