Selasa 24 May 2016 18:40 WIB

Orangtua Jangan Hanya Jadi Penyayang, Tapi Pendidik

Rep: Umi Nur Fadilah/ Red: Yudha Manggala P Putra
Ilustrasi
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Ilustrasi

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Psikolog keluarga Tika Bisono menyayangkan, selama ini masih ada orangtua yang salah menerapkan pola asuh terhadap anaknya. Banyak orang tua menurutnya hanya menjadi sosok penyayang, tapi bukan pendidik.

"Pertama harus masuk dulu sebagai pendidik. Selama ini kan, sebagai pencinta anak. Peran orang tua sebagai pendidik sudah hilang," kata dia saat dihubungi Republika.co.id, Senin (23/5) lalu.

Ia menuturkan, selama ini banyak orang tua yang hanya menjadi pecinta, penyayang, dan pemanja. Peran orang tua sebagai pendidik sudah hilang.

Padahal, ia menjelaskan, anak-anak membutuhkan didikan untuk membentuk dan membangun karakter. "Terus sekarang kan peran orang tua bekerja, berperan sebagai penyantun dana," ujarnya.

Tika tidak heran mulai banyak anak yang berperilaku menyimpang, bahkan tak tahu cara menghargai, dan tidak mencintai tanah air.

Selain itu, menurutnya saat ini banyak anak-anak yang tidak mengenal proses dan konsekuensi. "Itu anak sebagai korban. Kalau anak disuruh memilih, berprestasi atau jadi anggota geng motor, pasti anak berprestasi. Tak ada anak muda yang pingin gitu," jelasnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement