Rabu 18 May 2016 11:53 WIB

6 Tips Berhemat, Demi tak Besar Pasak

Menabung
Foto: ist
Menabung

Membayar Kartu Kredit

Saat memiliki utang memang akan sulit bagi kita menyisihkan uang untuk menabung. Ada baiknya jika kita memang memiliki sejumlah utang seperti kartu kredit untuk melunasinya terlebih dahulu bahkan kalau bisa kita tetap menabung walau jumlahnya sedikit. Bayarlah kartu kredit hingga lunas, setelah itu maka kita bisa menabung uang lebih banyak sesuai dengan jumlah yang digunakan untuk membayar kartu kredit.

Tabunglah Harta Warisan

Sebagian orang umumnya mendapatkan harta warisan sepeninggal orang tua. Jumlah harta warisan yang diperoleh biasanya tidak sedikit. Tidak jarang orang yang mendapatkan harta warisan ingin menggunakannya untuk berlibur atau membeli kendaraan baru. Jika memang perlu tidak ada salahnya untuk melakukan hal tersebut. Namun ada baiknya harta warisan tersebut kita tabung terlebih dahulu. Dengan menabung kita akan berpikir lagi agar harta warisan tersebut digunakan untuk hal yang memang penting dan bermanfaat bagi masa depan.

Membuat Anggaran Bulanan dengan Menggunakan Amplop

Untuk berhemat kita bisa membuat anggaran bulanan dengan lebih menarik misalnya dengan sistem amplop. Sebelumnya kita bisa memilah dan menjumlah setiap kebutuhan untuk satu bulan. Setelah melakukan anggaran dana untuk setiap kebutuhan, maka kita masukan setiap anggaran dana tersebut ke dalam amplop dengan kategori yang berbeda dan bisa kita beri nama agar tidak tertukar, misalnya makanan, bahan bakar, dan lainnya. Dengan begitu kita akan menggunakan uang tersebut sesuai dengan kebutuhannya, jika uang tersebut semakin berkurang atau akan habis maka kita bisa melakukan penghematan untuk kategori tersebut.

Teruslah Menabung!

Beberapa cara berhemat di atas sangat berkaitan dengan menabung. Karena menabung merupakan salah satu cara dalam pengelolaan keuangan kita. Maka ada baiknya kita bisa mengikuti langkah dan cara di atas untuk berhemat sesuai dengan penghasilan kita. Jika kita bisa berhemat maka kita akan bisa memenuhi setiap kebutuhan pada setiap bulannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement