Rabu 18 May 2016 11:53 WIB

6 Tips Berhemat, Demi tak Besar Pasak

Menabung
Foto: flickr
Menabung

REPUBLIKA.CO.ID, Tidak semua orang memiliki pendapatan yang tinggi. Bahkan beberapa orang merasa kurang atas pendapatannya setiap bulan untuk memenuhi semua kebutuhannya. Memang sebagai manusia kita selalu merasa kurang. Namun jika kita berusaha dan pandai dalam mengelola pendapatan kita dengan baik maka setiap kebutuhan akan bisa kita penuhi. Hidup yang tidak besar pasak daripada tiang pun bisa terwujud.

Perlu usaha dan strategi agar pendapatan kita dapat mencukupi semua kebutuhan, salah satunya dengan berhemat. Namun bagaimana cara berhemat sesuai pendapatan kita. Menabung, merupakan salah satu cara berhemat yang bisa kita lakukan. Seberapapun pendapatan yang kita terima, berusahalah untuk tetap menabung. Karena dengan cara menabung berarti kita sudah bisa bersikap hemat.

Berikut beberapa cara berhemat sesuai dengan pendapatan yang kita terima. Cobalah untuk mengikuti langkah langkah menabung di bawah ini agar setiap kebutuhan tetap dapat terpenuhi dengan pendapatan kita.

Utamakan Menabung

Di saat awal bulan kita menerima gaji, maka ada baiknya kita langsung menyisihkan sebagian gaji tersebut untuk menabung. Jika perlu buatlah gaji kita langsung ditransfer ke dalam rekening tabungan kita. Sehingga saat kita menerima gaji sudah termasuk ke dalam tabungan kita.

Menabung Rp 5.000

Sebagian orang ada yang merasa lebih senang saat menabung secara tunai dan dilakukan di rumah. Hal ini bisa kita lakukan, misalnya saja kita menyimpan uang Rp 5.000 setiap hari atau setiap kita memiliki uang dengan nominal tersebut. Maka lambat laun tabungan tersebut akan bertambah. Jika perlu ambillah uang tabungan dari Rp 5.000 tersebut kemudian pindahkan ke dalam rekening tabungan. Dengan begitu, rekening tabungan kita akan bertambah lebih cepat.

Menyimpan Uang Koin

Beberapa orang menganggap uang receh tidak begitu bermanfaat. Padahal jika kita rajin untuk menyimpan uang recehan yang kita peroleh maka akan bisa menambah tabungan kita. Setiap belanja pasti kita mendapatkan uang kembalian yang tidak jarang berupa uang koin atau receh. Kita bisa menyimpannya di tempat yang mudah seperti toples. Jika rajin mengumpulkan uang koin maka setelah toples tersebut penuh maka kita bisa membawanya ke bank untuk di masukan ke dalam rekening tabungan. Meski jumlahnya tidak terlalu tinggi namun sangat bermanfaat untuk menambah tabungan kita.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement