Kamis 12 May 2016 08:14 WIB

5 Cara Ibu Hamil Tidur Lebih Nyenyak

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Wanita hamil
Foto: pixabay
Wanita hamil

REPUBLIKA.CO.ID, Tidur adalah waktu paling beharga bagi ibu hamil. Mereka bisa jeda sejenak dari tantangan fisik dan emosional selama mengandung.

Banyak ibu hamil mengalami mimpi sadar alias vivid dreams yang membuat mereka susah beristirahat. Mimpi itu tampak begitu nyata saat mereka sadar, bahkan kadang-kadang memengaruhi pemikiran mereka saat terbangun kemudian.

Dokter Neil Stanley yang spesialisasinya tentang ilmu tidur selama lebih dari 30 tahun mencoba menjelaskan fenomena ini. Mimpi sadar pada ibu hamil kadang sering datang. Hal yang perlu diketahui oleh ibu hamil adalah mimpi itu tidak nyata dan tidak selalu terjadi.

"Orang-orang biasanya bermimpi dan langsung lupa sebagian besar mimpinya saat bangun, sementara ibu hamil mengalami mimpi sadar yang kebanyakan mereka ingat meski telah bangun. Ini bisa mengganggu kualitas tidur selama kehamilan dan membuat mereka lebih sering terjaga tengah malam," kata Stanley, dilansir dari Mother and Baby UK, Kamis (12/5).

Beberapa mimpi sadar yang dialami ibu hamil membuat mereka bahagia, beberapa lainnya menakutkan. Mimpi tak ubahnya seperti layar bioskop yang menjadi tontonan wajib. Perubahan hormonan, ketidaknyamanan fisik, dan kekhawatiran tentang sang buah hati membuat ibu hamil sering terbangun selama fase tidur Rapid Eye Movement (REM). Ini adalah fase dimana mereka tidur dalam kondisi masih setengah sadar alias belum terlelap.

"Tidak ada yang tahu mengapa kita bermimpi, tapi satu teori menyebutkan bahwa mimpi itu mempersiapkan kita untuk bisa menghadapi skenario terburuk kehidupan," kata Stanley.

Selama mimpi sadar itu, tubuh ibu hamil bisa bereaksi seperti apa yang mereka alami di dunia mimpi. Mereka juga bisa merasakan ketakutan yang sama. Kabar baiknya adalah tak ada yang perlu ditakutkan dan biarkan alam semesta melakukan tugasnya.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement