Selasa 10 May 2016 07:39 WIB

7 Minuman yang Buruk Bagi Anak-anak

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Anak sedang minum
Foto: pixabay
Anak sedang minum

REPUBLIKA.CO.ID, Semua ibu ingin yang terbaik untuk anaknya, termasuk dalam masalah sesuatu yang dikonsumsi, termasuk minuman. Anak-anak memang sangat perlu selalu terhidrasi melihat aktivitas mereka yang selalu bergerak, tapi bukan berarti ibu sembarangan memberikan minuman pada anak.

Banyak sekali minuman-minuman yang tidak terhindar dari gula, kalori, dan bahkan kafein, dan tidak memiliki nilai gizi. Hanya saja, justru minuman tersebut yang disukai anak-anak.

Dikutip dari laman Verywell, Selasa (10/5), dokter telah menemukan jika minuman manis berhubungan dengan kelebihan berat badan dan pola makan yang buruk. Bahkan menurut sebuah studi baru-baru ini hampir 3.000 anak-anak SMP dan SMA di kelas 6 sampai 12 yang mengonsumsi secara teratur minuman olahraga dan minuman energi ditemukan memiliki kecenderungan lebih tinggi bermain video game, asupan jus buatan, minuman manis, dan merokok.

Untuk mengindari hal-hal mengerikan itu, sudah seharusnya ibu tahun minuman-minuman apa saja yang perlu dihindari untuk anak-anak, berikut daftarnya.

Minuman olahraga

Banyak orang tua mungkin berpikir minuman olahraga adalah pilihan tepat bagi kesehatan anak-anak daripada jus. Sebab, minuman olahraga mengandung mineral dan elektrolit yang bisa mengganti cairan tubuh setelah olahraga. Tapi minuman olahraga  tinggi kalori dan gula, dan tidak diperlukan untuk anak-anak.

"Olahraga minuman dibuat untuk ketahanan atlet, kebanyakan anak-anak tidak cukup aktif secara fisik untuk butuhkan minuman olahraga," kata Kristi King, ahli gizi senior di Rumah Sakit Texas dan juru bicara he Academy of Nutrition and Dietetics,

Minuman Energi

Minuman ini memiliki beberapa bahan yang tidak diinginkan, termasuk sejumlah besar gula, kafein, dan sangat tinggi kalori. Orang tua mesti menghindari minuman tersebut untuk menjaga lonjakan gula darah dan gangguan tidur pada anak. Selain itu, dengan gula berlebih sangat memungkinkan menyumbang obesitas dan risiko diabetes.

(baca: Minuman Ini Paling Baik Atasi Dehidrasi Anak)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement