Kamis 05 May 2016 11:04 WIB

Chef Degan Hadirkan Sajian Nusantara di London

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Kuliner khas Nusantara
Foto: Republika/Prayogi
Kuliner khas Nusantara

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Konsisten dengan tujuan dan komitmen memperkenalkan kekayaan budaya Indonesia di mancanegara, khususnya dari sisi kuliner, Chef Degan Septoadji kembali menampilkan sajian Indonesia yang akan disuguhkan kepada para turis dunia di ajang Indonesian Weekend 2016, di Potters Field Park, London, Inggris, pada 28 sampai 29 Mei 2016.

Acara ini untuk pertama kalinya digelar dan melibatkan banyak pihak dengan misi utama mempromosikan pariwisata, musik, mode, kuliner, serta seni dan budaya Indonesia.

“Saya merasa event Indonesian Weekend ini memiliki tujuan dan filosofi yang sama dengan apa yang saya lakukan setiap kali membuat acara promosi kuliner ke luar negeri. Melalui kegiatan seperti ini, harapan saya makin menumbuhkan rasa bangga terhadap Indonesia, sense of pride, sense of belonging,” jelas Chef Degan dalam siaran pers yang diterima Republika.co.id, Kamis (5/5).

Chef Degan akan melakukan serangkaian cooking demo selama acara Indonesian Weekend 2016 berlangsung. Sejumlah hidangan khas Indonesia yang sesuai dengan selera dan disukai masyarakat Eropa akan disajikan.

Beberapa jenis sup khas Indonesia seperti Soto Ayam, sangat cocok mengingat cuaca Eropa yang umumnya dingin. Selain itu juga hidangan yang menggunakan proses panggang (roasting) dan bakar (grilling) seperti aneka sate, maupun hidangan segar, yang mengandung aneka rempah eksotis berkhasiat.

Terlebih, masyarakat Barat menaruh minat pada budaya kuliner Indonesia, seperti kebiasaan makan tengah (family-style dining), berbagai makna simbolis dari hidangan tradisional dan keanekaragaman jenis masakan daerah yang berasal dari seluruh Nusantara.

“Saya berharap upaya ini turut mendongkrak popularitas kuliner Indonesia yang masih kurang di kancah internasional khususnya, dan meningkatkan citra pariwisata Indonesia pada umumnya,” ujarnya.

Selama acara berlangsung, area Potters Field Park seluas 6,000 meter persegi akan diisi dengan panggung utama bertuliskan “Wonderful Indonesia”. Taman ini terletak di tepian Sungai Thames berlatar belakang ikon spektakuler kota London, yaitu Tower Bridge.

Acara Indonesian Weekend 2016 digagas oleh Komunitas Bangga Indonesia di Inggris, Indonesian Fashion Chamber, DitaliCiptaKreatif dan Your Audience. Selain itu juga melibatkan banyak pihak, seperti Kementerian Pariwisata, Kementerian Perindustrian, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah, Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, Pemda Jawa Tengah, Elhijab, para desainer ternama, musisi Dwiki Dharmawan, dan Silat Nusantara antara lain Yayan Ruhian dan Cecep Arif Rahman.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement