Ahad 01 May 2016 14:19 WIB

Mi Cakalang, Enaknya Bikin Ketagihan

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Mie Cakalang
Foto: Istimewa
Mie Cakalang

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap daerah hampir semua memiliki makanan khas dari mi. Namanya dan rasanya pun tentu akan berbeda. Salah satu daerah yang memiliki kekhasan mi yang patut dicoba adalah mi cakalang. Dari namanya, mungkin Anda langsung bisa menebak dari mana asal masakan mi ini. Ya, Manado. Mi cakalang memang berasal dari daerah Kawanua itu. Penasaran mau tahu mi cakalang itu seperti apa? Simak, yuk, bahasannya berikut ini.

Owner Rumah Palem, salah satu produsen mi cakalang, Enny Nuraeni, menjelaskan, mi cakalang sesuai dengan namanya, mi ini merupakan mi dengan campuran ikan cakalang dalam proses memasaknya. Sekaligus ditaburi ikan cakalang di atasnya. Rasanya gurih dan nikmat.

Mi ini ukurannya besar, berbeda dengan mi ayam, mi instan, atau mi kangkung. Mi ini dimasak bersamaan dengan ikan cakalang fufu. Cakalang fufu adalah cakalang yang dimasak dengan di asap. Mi dimasak dengan ikan cakalang, ditambah dengan sayuran berupa taoge besar dan sawi. Mi ini kemudian ditaburi daun bawang, bawang goreng, juga ikan cakalang fufu di atasnya.

Mi cakalang asli Manado disajikan dengan kuah. Namun, Enny melakukan inovasi dengan membuat mi cakalang goreng. Dan ternyata masyarakat pun menyukainya. Beda mi cakalang goreng dan kuah hanya pada kuahnya saja. 

Untuk mi cakalang goreng semua bahan digoreng dan dimasak bersama. Sedangkan, mi cakalang kuah, mi direbus dahulu kemudian diberi kuah.

Untuk menikmati mi cakalang, memang lebih nikmat jika ditambah perasan jeruk limau di atasnya. Sehingga, rasa mi bisa lebih asam sekaligus untuk menghilangkan bau amis ikan cakalang. Selain itu, bisa ditambah dengan sambal ikan roa. Sangat terasa pedasnya.

“Ikan cakalang dan roa Saya datangkan langsung dari Manado, sedangkan minya pesan di sini,” jelasnya kepada Republika.co.id saat ditemui di Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang merupakan bagian acara Food Festival dalam ajang Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF), di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, belum lama ini. 

Untuk satu porsi mi cakalang dihargai Rp 28 ribu. Jika ingin menikmatinya, Anda bisa memesannya kepada Enny, di perumahan Taman Palem, Cengkareng. Atau bisa juga datang ke booth 15 Kampoeng Tempo Doeloe (KTD), di La Piazza, Kelapa Gading Jakarta. Mi Cakalang Rumah Palem ada sejak 22 April sampai 22 Mei 2016 mendatang.

 

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement