Kamis 28 Apr 2016 17:03 WIB

Mie Kangkung, Mie Khas Jakarta yang Hampir Punah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
mie kangkung
Foto: Natural Cooking Club
mie kangkung

REPUBLIKA.CO.ID, Mie merupakan salah satu menu favorit orang Indonesia. Di Indonesia sendiri ada beragam jenis mie. Masing-masing daerah memiliki mie yang khas dari daerahnya. Salah satunya Mie Kangkung. Ini adalah mie khas dari Jakarta. Pernah dengarkah?

Owner Mie Kangkung President, Grace Fanny Pingkan, mengatakan mie kangkung asalnya memang dari Jakarta. Mie ini sudah ada sejak zaman Belanda. Dahulu mie ini dijual dengan cara dipikul oleh pedagangnya dan ditawarkan ke rumah-rumah seperti tauge goreng.

“Namun, kini kebanyakan anak muda tidak tahu mengenai mie kangkung, mienya seperti apa,” jelasnya kepada Republika.co.id saat ditemui di Kampoeng Tempo Doeloe (KTD) yang merupakan bagian acara Food Festival dalam ajang Jakarta Fashion & Food Festival (JFFF) di La Piazza, Kelapa Gading, Jakarta, Rabu (27/4).

Karena itulah, Grace membuka usaha ini dan menjual mie kangkung President pada 15 Oktober 2015 lalu untuk mengenalkan kembali kepada anak muda mie warisan nusantara tersebut. Sesuai namanya, Mie kangkung adalah mie yang disajikan bersama kangkung. Ditambah tauge, kuah mie, kemudian ditaburi bawang goreng.

Kuah mie sendiri rasanya sangat nikmat. Isinya adalah kuah kecap yang ditambahkan ebi atau udang kering, dan ayam rebus. Tak lupa garam, lada, dan bawang putih. Kuahnya cair, tidak kental, karena Grace ingin kuahnya bisa disruput. Bukan hanya itu, aroma kuahnya pun wangi.

Untuk menikmatinya, menurut Grace lebih nikmat jika ditambah perasan jeruk limau. Tak lupa sambal cabai rawit yang pedas. Tambahan tersebut membuat cita rasa mie kangkung semakin nikmat. “Rasanya segar, ada manis dari kecap, asam dari jeruk limau, juga pedas dari cabai rawit,” ujarnya.

Mie ini sangat cocok dimakan kapan saja, apalagi jika ditemani dengan secangkir teh hangat. Hmm... sungguh nikmat. Meskipun begitu, dengan es teh manis pun juga enak. “Tapi karena mie ini segmennya lebih orang tua, jadi teh hangat lebih cocok,” ujarnya.

Untuk satu porsi mie kangkung Anda cukup mengeluarkan uang Rp 25 ribu saja. Ini sudah sangat mengenyangkan. Dalam satu mangkung, Anda sudah mendapatkan karbohidrat, protein, vitamin dan mineral. Tertarik mau mencicipinya? Kunjungi saja booth 14, Kampoeng Tempo Doeloe (KTD), di La Piazza, Kelapa Gading Jakarta. Mie Kangkung President ada sejak 22 April sampai 22 Mei 2016 mendatang. Atau Anda bisa kunjungi rumah makan milik Grace di Jalan Sumagung 1 Blok H5 Nomor 2 sampai 3, Kelapa Gading, Jakarta Utara.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement