Kamis 28 Apr 2016 09:15 WIB

6 Jurus Hidup Hemat Atur Uang

Mengelola keuangan
Foto: pixabay
Mengelola keuangan

REPUBLIKA.CO.ID, Setiap orang memiliki cara masing-masing dalam mengatur keuangan yang dimilikinya setiap bulan. Ada yang menyusun tulisan khusus untuk menabung dan kebutuhan bulanan, ada pula yang memiliki penghasilan dan digunakan hanya untuk biaya kebutuhan hidupnya saja.

Hidup hemat merupakan salah satu cara agar memiliki kelebihan uang yang dapat ditabung sehingga memiliki jumlah tabungan yang cukup di masa mendatang bila terjadi kondisi yang tidak diharapkan. Kondisi yang dimaksud misalnya seperti Di PHK atau pemutusan hubungan kerja, sakit, atau mungkin pensiun.

Sikap berhemat pun dapat membuat Anda memiliki kebebasan finansial di masa mendatang bila memiliki perencanaan dan strategi yang tepat dalam mengatur keuangan yang dimilikinya. Hemat sendiri berbeda sekali dengan pelit, karena hemat lebih cenderung mempertimbangkan terlebih dulu uang yang akan dikeluarkan. Sedangkan pelit cenderung tidak mau  mengeluarkan sama sekali untuk pengeluaran walaupun memiliki uang saat itu.

Agar lebih efektif menerapkan gaya hidup hemat, berikut beberapa hal yang dapat diterapkan, antara lain.

Selalu Catat dan Bukukan Segala Pengeluaran Serta Pemasukan Bulanan

Dengan adanya catatan yang mereka segala aktivitas pemasukan dan pengeluaran setiap bulan, maka Anda dapat memperhatikan aliran uang yang masuk dan keluar. Sehingga Anda dapat menyimpulkan uang yang didapatkan setiap bulan lebih banyak untuk pengeluaran yang konsumtif sifat atau untuk pengeluaran rutin. Dengan begitu Anda dapat memilih pengeluaran yang sifatnya tidak terlalu penting, sehingga posting keuangan untuk menabung pun dapat disisihkan.

Ditambah dengan komitmen yang kuat dan disiplin untuk menabung, maka dipastikan masa mendatang Anda masih memiliki anggaran untuk biaya hidup yang sama, bahkan dapat lebih baik.

Tidak Perlu Membawa Kartu kredit atau Kartu ATM

Dengan selalu membawa uang tunai setiap berbelanja, dan meninggalkan kartu ATM dan Kartu kredit yang dimiliki akan mendidik kita untuk melakukan pembelanjaan dengan uang tunai yang dimilikinya saja. Sehingga bila uang tunai yang dibawanya habis maka tidak ada uang lagi yang bisa digunakan untuk berbelanja, karena kartu ATM tidak dibawa dan tentunya jadi lebih hemat pengeluaran bulanannya.

Artikel ini merupakan kerja sama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement