Selasa 19 Apr 2016 08:24 WIB

7 Trik Ampuh untuk Menciptakan Ide Bisnis dan Memulainya

  Hasil kerajinan tangan Utang Mamad (45) dari bahan baku bambu yang dibuat berbagai bentuk rumah lampu, di Kampung Ciloa, Desa Mekarsari, Kecamatan Selaawi, Kabupaten Garut, Kamis (12/11).
Foto: Republika/ Wihdan
Pedagang Kue Lebaran Bermunculan. Pembeli memilih kue kering di Pasar Palmerah, Jakarta, Kamis (9/7).

Menjadi orang yang jeli dalam melihat kesempatan 

Selalu ada kesempatan di setiap kesempitan (masalah). Yang perlu Anda miliki adalah kejelian dalam melihat peluang untuk mendirikan usaha yang mengatasi masalah. Kemampuan Anda dalam melihat kesempatan ini bisa dikembangkan  menjadi ide bisnis atau usaha yang akan Anda rintis. 

Meski konsepnya sederhana, peluang atau kesempatan yang menjadi ide bisnis ini justru akan menyasar target   pasar secara tepat sehingga peluang tumbuh untuk bisnis Anda juga semakin tinggi.

 

Pilah dan pilih kesempatan tersebut berdasarkan potensi  

Banyak kesempatan  yangmungkin Anda lihat dan dapatkan. Namun tidak semuanya bisa Anda jadikan ide usaha karena bisa jadi hal tersebut justru membuat usaha Anda tidak fokus. Seleksi ulang kesempatan mana yang paling baik untuk Anda kembangkan menjadi konsep bisnis.

Tanpa menyeleksi kesempatan atau menggunakan semua kesempatan itu, Anda hanya akan merasa selalu bias. Sebab bisa jadi antara kesempatan yang satu dengan lainnya memiliki ketidakcocokan. Pada akhirnya, hal ini justru akan membuat bisnis Anda gagal.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement