Senin 18 Apr 2016 07:07 WIB

7 Langkah Mudah Mengobati Kecanduan Belanja Online

Warga memilih barang menggunakan web aplikasi belanja online di Jakarta, Rabu (25/11).
Foto:
Belanja online (ilustrasi)

3. Mirip seperti saran di poin sebelumnya, cara untuk mengurangi dan membasmi kebiasaan belanja daring adalah mulai menggiatkan diri pada kegiatan yang lebih bermanfaat daripada sekadar belanja. Ada berbagai hal yang bisa Anda lakukan. Misalnya membuat kerajinan dari barang bekas. Bisa juga barang-barang yang terlalu banyak dan sesungguhnya tidak pernah Anda gunakan berpartisipasi dalam acara garage sale.

 

4. Kalau Anda terbiasa menggunakan kartu kredit sebagai opsi pembayaran belanja daring, sebaiknya Anda mulai cek tagihan kartu kredit Anda apakah meningkat dan terdapat tagihan  yang belum terbayarkan? Kartu kredit memang diterbitkan untuk tujuan tertentu dan terdapat berbagai promo yang bertujuan memudahkan Anda dalam berbelanja menggunakan kartu kredit. Hati-hati, justru yang seperti ini bermaksud mendorong keinginan Anda untuk berbelanja semakin sering.

5. Sebelum Anda melanjutkan kebiasaan berbelanja daring, tanyakan pada diri sendiri apakah Anda berbelanja  untuk memenuhi kebutuhan atau sekadar menggenapi keinginan? Apakah barang-barang yang sudah Anda miliki tak cukup untuk membantu Anda dalam aktivitas sehari-hari? Apakah di masa lampau semua tagihan kartu kredit sudah terbayar lunas termasuk dengan bunga? Sulit untuk mengakui bahwa sesungguhnya kita sudah cukup memiliki barang kebutuhan tetapi tanpa mau membuka mata dan hati. Sehingga kita akan terus terjebak pada candu belanja daring. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement