Ahad 17 Apr 2016 19:38 WIB

Pecinta Webtoon Negeri Gingseng Wajib Datang ke Tempat Ini

Rep: MGROL/ Red: Andi Nur Aminah
Gendung Webtoon Gongjakso di Korea
Foto: Donga
Gendung Webtoon Gongjakso di Korea

REPUBLIKA.CO.ID, Kini, sudah banyak film maupun drama Korea yang diangkat dari webtoon atau komik elektronik ini. Nah, ada sebuah tempat khusus untuk para penggemar webtoon yang dibangun di Myeongdong, Seoul, Korea Selatan. Pemerintah Metropolitan Seoul dan Badan Usaha Seoul membangun tempat multi-budaya untuk webtoon yang dinamai Webtoon Gongjakso. Lokasi ini dibuka di Cartoon Street di Distrik Jung, Myeongdong, Seoul. 

Webtoon Gongjakso akan  memanjakan para penggemar melihat karakter-karakter dari webtoon populer. Seperti The Sound of Heart dan Noblesse. Tempat ini juga menyediakan fasilitas untuk membuat karakter webtoon sendiri dan mencetaknya melalui printer 3D. 

Tidak hanya sebagai galeri, ada juga kafe yang digunakan untuk bersantai. "Sebuah upaya akan dilakukan untuk menciptakan lebih banyak kesempatan di mana pembuat webtoon, konsumen dan isi perusahaannya bebas bertukar dan mengomunikasikan ide-ide mereka," kata Park Bo-gyeong, Kepala Seoul Animation Center dilansir Donga.

Cartoon Street, sebuah jalan yang dibangun khusus oleh pemerintah KOrsel pada 2014. Jalan sepanjang 450 meter ini terbentang dari stasiun Myeong-dong hingga Seoul Animation Center. 

Pemerintah membagun sebuah galeri kartun terbuka yang menampilkan lukisan grafiti seperti karakter terkenal, kutipan komik dan cerita pendek. Cartoon Street ini dinamai Jaemiro. Pemerintah juga menciptakan lima taman kecil yang memungkinkan penduduk setempat dan wisatawan asing untuk beristirahat sambil menikmati aspek dekorasi animasi. Sekitar 70 kartunis lokal terkenal menyumbangkan karya mereka dan mengambil bagian dalam proyek tersebut.

 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement