Senin 11 Apr 2016 16:10 WIB

Belajar Atur Uang Dari 9 Negara Paling Hemat di Dunia

Masyarakat Cina sedang menikmati hiburan bermain seluncur es di Beijing, Cina. Cina dikenal sebagai negara dengan penduduk yang pandai berhemat.
Foto:
Seorang pria melemparkan roti kepada burung di Sungai Seine, Prancis. Kondisi ekonomi Eropa yang tentu membuat banyak warga Prancis berhati-hati soal keuangannya.

Cile

Umumnya, orang-orang yang tinggal di wilayah Amerika Tengah dan Selatan memiliki kecenderungan menabung yang rendah. Namun, tidak untuk orang Cile. Orang Cile mampu berhemat sampai 7 persen dari total pendapatan mereka, yang menjadikan mereka salah satu negara paling hemat di dunia.

Sebuah studi yang dilakukan oleh Inter-American Development Bank menunjukkan bahwa Cile memiliki rataan pekerja dengan gaji tetap yang tinggi. Hal inilah yang membuat orang-orang Cile mampu menabung, karena mereka memiliki pendapatan yang tetap.

Irlandia

Irlandia mulai menjadi negara yang hemat setelah masyarakatnya mulai bisa berhemat sampai 9% dari pendapatan total mereka di tahun 2016. Namun, laporan dari media Irlandia menyebutkan bahwa kejadian negara Irlandia menjadi hemat ini bukan karena mereka “menabung”.

Mereka menggunakan uang mereka untuk membayar utang setelah krisis yang menerpa Irlandia beberapa waktu lalu. Karena krisis itu pula, orang Irlandia menjadi lebih konservatif dalam memakai uang.

Prancis

Keadaan ekonomi yang tak menentu di Eropa membuat masyarakat Prancis sekarang menjadi lebih hemat dalam menggunakan uang. OECD melaporkan bahwa masyarakat Prancis mampu berhemat sampai 15 persen dari total pendapatan mereka. BBC juga melaporkan bahwa Prancis lebih mampu menangani krisis di negara lebih baik daripada AS karena mereka tidak terlibat dalam peminjaman uang yang irasional.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement