Ahad 19 Nov 2023 15:36 WIB

Tips Conscious Spending dan Cerdas Mengatur Keuangan Pribadi

Sejumlah fitur aplikasi Bank Jago bisa dimanfaatkan mengatur keuangan.

Rep: Shelbi Asrianti/ Red: Friska Yolandha
Bank Jago menggelar kegiatan edukasi keuangan digital #Kumpul Jagoan bertajuk Atur Keuangan Sesuai Maumu dengan Aplikasi Jago di Kota Medan, Ahad (19/11/2023).
Foto: Republika/Shelbi Asrianti
Bank Jago menggelar kegiatan edukasi keuangan digital #Kumpul Jagoan bertajuk Atur Keuangan Sesuai Maumu dengan Aplikasi Jago di Kota Medan, Ahad (19/11/2023).

REPUBLIKA.CO.ID, MEDAN -- Melakukan conscious spending atau mindful spending sangat perlu diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Istilah itu merujuk pada pengeluaran atau membelanjakan uang secara sadar, baik dalam memenuhi kebutuhan harian maupun menabung.

Dengan melakukan conscious spending, pengaturan keuangan seseorang bisa lebih tertata rapi. Head of Consumer Business Customer Value Management Bank Jago, Irene Santoso, mengatakan bahwa conscious spending bisa disesuaikan dengan kondisi masing-masing, tapi secara umum pedomannya serupa.

Baca Juga

"Begitu terima uang, harus dialokasikan saat itu juga. Alokasikan ke hal yang sudah pasti harus dibayar, seperti tagihan listrik, air, kartu kredit, yang wajib dibayar," ujar Irene pada edukasi keuangan digital #KumpulJagoan bertajuk 'Atur Keuangan Sesuai Maumu dengan Aplikasi Jago' yang digelar Bank Jago di Kota Medan, Ahad (19/11/2023). 

Dalam pos keuangan itu, tentunya juga termasuk kebutuhan bulanan. Setelah itu, Irene menyarankan alokasi uang untuk mempersiapkan masa depan, yaitu menyisihkannya untuk tabungan. Lantas, baru sisanya bisa digunakan untuk hal lain seperti self reward atau family reward

 

Irene menginformasikan sejumlah fitur unggulan di aplikasi Bank Jago yang bisa dimanfaatkan pengguna untuk mengatur keuangan. Terdapat fitur "Analisis Pengeluaran" untuk memantau keuangan, sehingga pengguna bisa mengetahui pengeluaran yang dilakukan untuk apa saja. 

Ada pula fitur "Kantong Jago" untuk mengelola keuangan lebih teratur. Aplikasi bank digital Jago menawarkan 40 kantong di satu rekening bank, terdiri dari 20 kantong bayar dan 20 kantong menabung. Setiap kantong bisa dipersonalisasi, diberi nama dan foto sesuai peruntukan dana.

Dengan begitu, uang bisa dikelola dan dipisahkan. Fitur lainnya, pengguna bisa menabung dan berinvestasi lewat "Kantong Terkunci" dan "Autosave", yang mengunci dana sehingga tidak terpakai untuk kebutuhan lain. Besarannya pun bisa dikumpulkan sampai terkumpul angka yang diinginkan.

Bank Jago selalu mengedepankan....

 

 

Yuk gabung diskusi sepak bola di sini ...
Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Advertisement
Advertisement