Ahad 10 Apr 2016 08:11 WIB

Kaminabe, Hot Pot ala Jepang yang Dimasak di Atas Kertas

Kaminabe menjadi salah satu kuliner khas Jepang yang unik karena menggunakan kertas khusus sebagai pengganti panci atau tembikar.
Foto: dok Miyagi
Kaminabe menjadi salah satu kuliner khas Jepang yang unik karena menggunakan kertas khusus sebagai pengganti panci atau tembikar.

REPUBLIKA.CO.ID, Sushi, sukiyaki, teriyaki, tempura baru sebagian dari makanan Jepang yang sudah sangat populer di lidah orang Indonesia. Ya, makanan Jepang memang menarik sekaligus lezat.

Tapi pernahkah Anda mendengar makanan Jepang kaminabe? Makanan yang satu ini unik karena dimasak menggunakan kertas yang dibakar di atas arang. Kaminabe adalah teknik masak menggunakan kertas khusus.

Restoran Jepang Miyagi yang terletak di Gandaria City dan Lotte Shopping Avenue menyajikan kaminabe di menunya. Tessa Marlenaska, PR and Marketing Manager Arena Grup, mengatakan kaminabe tergolong jarang di Jakarta. Karena itu Miyagi menjadikan kaminabe sebagai menu unggulannya.

Teknik masak kaminabe unik karena bahan-bahan diletakkan dulu di atas kertas yang diletakkan di tungku arang berapi. Kuah lalu dituang dan penikmatnya bersantai sambil menunggu bahan-bahan matang.

Tessa menjelaskan kaminabe tak ubahnya menu hot pot. "Bedanya ini pakai kertas. Kertasnya tidak akan bolong atau terbakar atau bocor," katanya.

Miyagi menyajikan empat macam kaminabe. Pertama adalah Tara Ciri yang berisi sayur-sayuran serta potongan ikan gindara. Lalu ada kaminabe isi hidangan laut yakni udang, simping, salmon serta sayur-sayuran. Penggemar daging bisa memilih Beef Tsukune yang merupakan bola-bola daging dengan sayuran dan Torishima atau kaminabe dengan lauk sayur-sayuran dan pangsit ayam.

"Ada dua pilihan kuah, yaitu tom yam atau dashi alias kaldu," ujar Tessa. Anda bisa menikmatinya dengan pilihan nasi putih atau udon. Harganya mulai dari Rp 69 ribu hingga Rp 120 ribu per porsi.

Berminat? Miyagi buka setiap hari di Gandaria City dan Lotte Shopping Avenue.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement