Selasa 05 Apr 2016 06:36 WIB

Jackie Chan dan Amitabh Bachchan Tersangkut 'Panama Papers'

Jackie Chan
Foto: Antara
Jackie Chan

REPUBLIKA.CO.ID, -- Nama aktor laga Jackie Chan dan bintang Bollywood Amitabh Bachchan dilaporkan ikut terkait dalam skandal pajak yang melibatkan sebuah firma hukum berbasis di Panama Mossack Fonseca.

Skandal dijuluki "The Panama Papers" itu mencuat setelah 11, 5 juta dokumen rahasia milik Mossack Fonsesca bocor pada Ahad (3/4). Isinya diduga memuat daftar klien kelas atas yang menginginkan kekayaan mereka tidak terendus badan pajak di negaranya.

Setidaknya seratusan perusahaan media di 78 negara gencar menganalisa dokumen bocor tersebut dan berhasil menemukan sejumlah dugaan pencucian uang dan penghindaran pajak.

Awalnya penelusuran cenderung berfokus pada 140 politisi dari lebih 50 negara, termasuk belasan mantan pemimpin dunia, yang namanya tercantum dalam dokumen tersebut.    

Namun belakangan sejumlah nama dari kalangan lain juga muncul. Salah satunya Jackie Chan. Nama aktor Hong Kong itu pertama kali diungkapkan jaringan wartawan seluruh dunia yang berbasis di Washington, The International Consortium of Investigative Journalists (TICIJ).

"(Ia) setidaknya memiliki enam perusahaan yang ditangani oleh firma hukum (Mossack Fonseca) tersebut," demikian seperti dikutip dari TICIJ.

Jackie Chan bukan satu-satunya pelaku industri film yang tersangkut skandal itu. Aktor legenda Bollywood Amitabh Bachchan juga dilaporkan namanya ikut tercantum.

Seperti dilansir Indian Express, Bachchan menjadi direktur di setidaknya empat perusahaan pengapalan lepas pantai di Virgin Islands dan Bahama. Perusahaan-perusahaan itu dikabarkan bukan berskala besar, namun penghasilannya mencapai jutaan dolar AS. Bachchan disebut sudah lama mengundurkan diri dari perusahaan itu.

Pihak Jackie maupun Bachchan sejauh ini belum menanggapi kabar nama mereka dalam dokumen tersebut.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement