Senin 04 Apr 2016 13:22 WIB

6 Cara Mengoptimalkan Fungsi Kartu Kredit

Kartu kredit
Foto: AP/Patrick Semansky
Kartu kredit VISA

Kemampuan bayar

Berkaitan dengan poin sebelumnya, Anda harus mengatur berapa bagian dari limit kartu kredit yang bisa Anda gunakan untuk melakukan transaksi. Perhatikan juga kemampuan membayar Anda berkaitan dengan pendapatan setiap bulan. Alokasikan sekitar 60 hingga 70 persen dari limit yang diterapkan pada kartu kredit Anda sebagai bagian yang bisa Anda gunakan.

Nominal bersih

Tentukan nominal bersih yang bisa Anda gunakan untuk berbelanja menggunakan kartu kredit. Pikir panjang sebelum menggunakan kartu ini sebagai sarana pembayaran. Jika Anda merasa beberapa transaksi bisa diselesaikan secara tunai, hindari penggunaan kartu kredit Anda. Hal ini bertujuan untuk menjaga Anda dari sikap konsumtif.

Poin kartu kredit

Penggunaan kartu kredit lebih menyenangkan dan menguntungkan ketika Anda tahu dan mampu menggunakan point reward yang bisa didapat dari aktivitas transaksi menggunakan kartu kredit. Tukarkan point reward tersebut dengan berbagai promo yang berlaku sehingga kartu kredit Anda bisa memberikan fungsi dan keuntungan secara optimal.

Itulah beberapa ulasan yang bisa Anda terapkan dalam penggunaan kartu kredit. Dengan mengimplementasikan kebiasaan-kebiasaan bijak ini, Anda diharapkan bisa mendapatkan manfaat yang optimal dan benar-benar terbantu serta dipermudah dalam transaksi menggunakan kartu kredit, bukan semakin menambah beban finansial Anda. Bijak dalam mengambil keputusan untuk memiliki, bijak juga dalam menggunakannya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement