Senin 04 Apr 2016 13:22 WIB

6 Cara Mengoptimalkan Fungsi Kartu Kredit

Kartu kredit
Foto: ist
Kartu kredit

Sesuai kebutuhan

Buatlah kartu kredit sesuai dengan kebutuhan yang Anda perlukan, bukan karena promo pembuatan atau sekadar mengikuti tren karena banyak rekan yang memiliki dan menggunakan kartu kredit sebagai sarana pembayaran modern. Perhatikan juga keadaan finansial Anda, jadikan hal tersebut sebagai pertimbangan yang harus Anda pikirkan matang-matang sebelum akhirnya membuat kartu kredit. Jangan sampai Anda membuat kartu kredit bukan untuk mempermudah dan meringankan beban transaksi namun justru menambah pengeluaran yang sebetulnya tidak perlu.

Jangan terlalu banyak memiliki kartu kredit

Setiap bank penerbit pasti memiliki cara untuk mempromosikan produk kartu kredit mereka masing-masing dengan keunggulan yang dimiliki dan berbagai promo yang diberikan. Cukuplah Anda membuat kartu kredit sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan yang Anda miliki. Semakin banyak kartu kredit yang Anda miliki bisa memicu Anda untuk berperilaku konsumtif. Pada akhirnya Anda hanya bisa termenung melihat tagihan pembayaran yang membengkak di akhir periode.

Limit kartu

Setiap kartu kredit memiliki limit yang ditetapkan oleh bank. Jangan menggunakan kartu kredit hingga mencapai limit. Ingatlah bahwa Anda harus melunasi tagihan kartu kredit yang terdiri dari nominal utama pembelanjaan Anda ditambah dengan bunga. Semakin besar nominal yang Anda gunakan, semakin tinggi bunga yang diterapkan, pada akhirnya semakin tinggi pula tagihan yang dilayangkan pada Anda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement