Sabtu 02 Apr 2016 10:05 WIB

Kuliner Memiliki Peran Strategis Memperkuat Identitas Bangsa

Launching Festival Kuliner Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (1/4).
Foto: foto : Puskompublik Kemenpar
Launching Festival Kuliner Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona, Jakarta, Jumat (1/4).

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya pada Jumat (1/4) melaunching Festival Kuliner Nusantara 2016 di Gedung Sapta Pesona Jakarta Pusat.

Dijelaskan oleh dia, kuliner sebagai salah satu bagian dari industri kreatif merupakan hal potensial bagi sektor pariwisata di Indonesia. Kuliner, menurut dia, mempunyai peran strategis dalam memperkuat identitas bangsa Indonesia di forum internasional.

"Oleh karena itu, pemerintah dalam hal ini adalah Kemenpar sangat serius dalam memajukan industri kuliner dengan meluncurkan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia agar bisa mendunia sekaligus menjadi identitas nasional," kata dia dalam Jumpa Pers Launching Festival Kuliner Nusantara 2016 di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona Jakarta, Jumat (1/4).

Melalui penetapan 30 ikon kuliner tradisional Indonesia diharapkan dapat dipresentasikan sebagai hidangan kelas dunia baik oleh para chef hotel dan restoran di negara manapun karena kuliner tersebut bahan-bahannya mudah diperoleh dan jenis makanannya sudah dikenal luas oleh masyarakat.

Penyelenggaraan FKN 2016 yang mengangkat tema 'Kuliner Nusantara Kekayaan Budaya Bangsa' dikemas dengan konsep wisata kuliner dengan menampilkan makanan dan produk khas masing-masing daerah.

Demo masak interaktif di beberapa panggung yang melibatkan pengunjung, serta lomba foto kuliner Nusantara melalui media sosial untuk mempromosikan kegiatan tersebut serta hiburan lainnya. 

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement