Sabtu 02 Apr 2016 07:07 WIB

Wah, Warna Pakaian Ternyata Ungkap Suasana Hati

Rep: c34/ Red: Ani Nursalikah
Padu padan warna busana membuat perempuan tak perlu membeli banyak pakaian.
Foto: Prayogi/Republika
Padu padan warna busana membuat perempuan tak perlu membeli banyak pakaian.

REPUBLIKA.CO.ID, Sebagian orang sangat cermat memilih warna dan model pakaian yang dikenakan setiap hari. Bisa jadi Anda termasuk salah satu di antaranya, atau justru tipe cuek yang tidak terlalu mempermasalahkan warna baju.

Yang jelas, sebuah studi yang dilakukan terhadap 2.000 warga Inggris mengungkap hal unik. Hasil survei itu menunjukkan, orang lain cenderung menilai suasana hati Anda berdasarkan warna pakaian yang Anda kenakan.

"Sebagian orang percaya mereka dinilai berdasarkan warna yang mereka kenakan dan mereka juga mengakui cenderung menilai orang lain berdasarkan warna pakaian," ungkap salah satu peneliti, psikolog dan pakar warna Honey Langcaster-James, dikutip Express.co.uk, Jumat (1/4).

Penelitian ini mengungkapkan, sepertiga dari peserta survei membuat asumsi tentang suasana hati orang lain berdasarkan warna yang mereka kenakan hari itu. Ketika Anda memakai warna hitam, orang cenderung menganggap Anda sedang marah atau stres.

Sementara, pakaian kuning membuat Anda dianggap sedang bahagia dan berpikiran positif, sedangkan merah menunjukkan kepercayaan diri. Pakaian biru menunjukkan Anda sedang santai, dan abu-abu mengisyaratkan Anda sedang lelah.

Asumsi tersebut memang belum tentu benar, dan ada pengaruh gender dalam penggunaan warna ini. Kaum pria dilaporkan kurang terpengaruh warna dibandingkan kaum perempuan yang mengaku suasana hati mereka berubah ketika memakai warna yang berbeda.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement