Rabu 30 Mar 2016 14:14 WIB

Budayakan Musik Klasik, Indonesia Piano Competiton ke-4 Digelar

Rep: MGROL60/ Red: Andi Nur Aminah
Essex Indonesia Piano Competition 2016
Foto: MGROL60
Essex Indonesia Piano Competition 2016

REPUBLIKA.CO.ID, Piano klasik merupakan salah satu jenis musik yang kerap dimainkan warga Indonesia meski masih dalam jumlah terbatas. Namun ternyata, penggemar jenis musik ini sudah cukup banyak. Jenis musik ini adalah dasar dari berbagai jenis musik yang dikembangkan. 

Rhapsodie Music merupakan salah satu badan yang mampu melihat bibit-bibit muda dalam bidang musik, terutama piano klasik. Salah satu acara yang paling ditunggu adalah Indonesia Piano Competition, sebuah kempetisi piano klasik bergengsi yang khusus ditujukan untuk pianis muda di seluruh Indonesia.

Lembaga ini berfokus untuk memperkenalkan pengalaman kompetisi musik klasik yang menyenangkan untuk masyarakat dan menciptakan lingkungan kompetisi pendidikan yang sehat untuk pianis muda Indonesia yang sudah berlangsung sejak 2013 lalu. "Tidak banyak orang yang tahu bahwa permainan piano klasik sangat menyenangkan dan bermain piano sesungguhnya membantu perkembangan otak anak," ujar Yuberg Andro selaku director dari Rhapsodie Event Management, Selasa (29/3).

Pada 2016 ini, Rhapsodie menggandeng keluarga besar Steinway Piano (Steinway & Sons, Boston, Essex) dan mengubah Indonesia Piano Competition menjadi "Essex Indonesia Piano Competition 2016". 

Yuberg mengatakan, perhatian terhadap perkembangan musik Indonesia sangat besar dan harus dimulai dengan mendukung kegiatan musik klasik seperti ini. 

Paulus Gani, sales and marketing PT Citra Intirama, mengatakan awalnya dia pun tidak menyangka ternyata animo masyarakat Indonesia sangat besar untuk ikut berpartisipasi dalam acara ini. Melihat jumlah peserta yang membeludak, bahkan ketika pendaftaran sudah ditutup membuat kami bersemangat turut serta menjalankan acara ini. "Kami meyakini bahwa bakat terbaik akan bisa mencapai hasil dan performa yang memuaskan jika didukung dengan instrumen yang berkualitas," ungkapnya lagi.

Piano Competition ini akan berlangsung di empat kota dengan jumlah total lebih dari 1.600 peserta. Acara ini akan digelar di Surabaya pada 2 April 2016, Jakarta 9 dan 10 April 2016, Semarang 23 April 2016, dan di Medan 30 April hingga 1 Mei 2016.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement