Rabu 13 May 2015 13:36 WIB

Pianis Cilik Indonesia Bersinar di Amerika

Rep: c15/ Red: Joko Sadewo
Joey Alexander
Foto: jazztimes.com
Joey Alexander

REPUBLIKA.CO.ID, NEW YORK -- Pianis cilik asal Indonesia, Joey Alexander (11) merupakan salah satu musisi yang namanya sudah malang melintang di dunia musik Jazz dunia. Meski ia masih seperti anak seumurnya, ia sudah menorehkan ratusan prestasi musik di kancah Internasional.

Seperti dilansir, berkshireeagle.com Joey masuk dalam daftar musisi cilik yang cukup membuat orang berdecak kagum. Meski usianya masih sebelas tahun, ia sudah mampu merilis album pianonya di Amerika. Albumnya ia beri nama My Favorite Things.

Tak hanya bermain musik kelas tinggi seperti John Coltrane dan Billy Strayhorn, Joey juga memainkan beberapa soundtrack film kartun favoritnya. Joey mengaku menyukai Sponge Bob dan Thelonious Monk.

"Bagi saya, Jazz adalah suatu panggilan, saya suka Jazz sebab saya bisa mengekspresikan diri saya. Banyak improvisasi," ujar Joey, Selasa (12/5).

Joey mengaku tak terlalu peduli terhadap teknis dan bobot lagu. Ia kerap bermain begitu saja, dari perasaan dan apa yang ia sukai saat itu. Menurutnya, musik dan irama yang dihasilkan dari tuts pianonya merupakan ungkapan rasa hatinya.

Joey membuat debut pertamanya pada Mei tahun lalu. My Favorite Things merupakan debut keduanya, setelah debut pertamanya Round Midnight sukses terjual di Amerika.

Lahir di Bali dan berlatar belakang orang tua yang juga hobi bermain piano dan gitar membuat Joey sudah terbiasa dengan tuts piano sejak umur 4 tahun. Melihat bakat yang ada dalam anaknya, Ayah Joey mulai kerap membawa Joey ke acara pentas musik, dan  ngejam bersama para musisi lokal.

Pada usia 8, Joey berkesempatan untuk bermain di sebuah acara yang diselenggarakan oleh UNESCO. Saat itu, ada salah satu pianis favoritenya, Hancook yang juga tampil diacara tersebut. Pertemuannya dengan Hancook membuat Joey semakin bersemangat untuk mendalami kesukaanya dalam bermusik.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement