Kamis 17 Mar 2016 09:18 WIB

9 Kebiasaan Baik Mengatur Uang yang Patut Ditiru

Perencanaan keuangan sebaiknya dilakukan sejak usia dini.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Sebelum berusia 30 tahun, lakukan perencanaan keuangan yang matang hingga bisa memastikan pensiun dengan tenang.

Menghindari Utang

Utang memang seringkali dianggap sebagai pilihan terbaik untuk keluar dari suatu permasalahan keuangan . Orang yang memiliki kestabilan keuangan ternyata tidak demikian karena mereka selalu selektif dalam melakukan utang. Hal ini karena tidak semua jenis utang sama dan mereka akan selalu menghindari utang dengan bunga yang tinggi.

Selalu Menganggarkan

Dalam rangka untuk memenuhi kebutuhan, sangat penting untuk memetakan kebutuhan kita sesuai dengan anggaran yang dimiliki. Di zaman digital ini, untuk melakukan hal tersebut menjadi semakin mudah dengan hadirnya aplikasi mobile untuk melakukan hal ini. Aplikasi ini berfungsi untuk membantu mengatur keuangan Anda secara sistem. Jika sudah melakukan manajemen terhadap keuangan, silahkan membiasakan untuk disiplin dalam setiap anggaran.

Tidak Menunda Pembayaran

Maksud dari tidak menunda pembayaran ini adalah misalnya Anda memiliki tagihan telepon dan Anda sudah memiliki dana untuk melunasinya, tetapi tidak segera dibayarkan dan malah melakukan penundaan. Mungkin menunda pembayaran terkadang menjadi suatu hal yang tidak pernah Anda khawatirkan. Namun siapa sangka tidak menunda pembayaran akan memperkecil kemungkinan Anda untuk berutang.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement