Kamis 17 Mar 2016 09:18 WIB

9 Kebiasaan Baik Mengatur Uang yang Patut Ditiru

Perencanaan keuangan sebaiknya dilakukan sejak usia dini.
Foto: Wihdan Hidayat/Republika
Perencanaan keuangan sebaiknya dilakukan sejak usia dini.

REPUBLIKA.CO.ID, Menjaga Keuangan tetap stabil bisa dibilang merupakan sesuatu hal yang tidak mudah untuk dilakukan. Untuk melakukan hal tersebut dibutuhkan sikap disiplin serta ada beberapa kebiasaan yang harus dijalani serta dihindari.

Penting untuk mempelajari kebiasaan yang dimiliki oleh orang yang stabil keuangannya agar menghindarkan kita dari beberapa problem keuangan. Apa saja kebiasaan tersebut? Mari kita simak bersama-sama.

Tidak Gila Belanja

Memiliki uang dalam jumlah banyak terkadang membuat kita terlena sehingga melupakan pentingnya efisiensi pengeluaran. Orang yang memiliki kestabilan keuangan hampir tidak pernah melakukan hal tersebut karena mereka mampu memanfaatkan uang dengan baik dan efisien.

Menghabiskan uang dengan membelanjakan barang-barang yang tidak perlu menjadi salah satu kebiasaan yang harus Anda hindari demi mencapai kestabilan keuangan .

Selalu Menganalisa Pengeluaran

Melacak kembali pengeluaran pada periode sebelumnya juga merupakan kebiasaan yang dimiliki orang yang memiliki kestabilan keuangan. Apabila anda ingin mencoba kebiasaan ini, mulailah pada akhir bulan dengan mencatat semua pengeluaran yang anda lakukan sekecil apapun transaksinya. Jika sudah mencatatnya lakukan analisa pengeluaran mana yang tidak efisien dan mulai memperbaikinya pada bulan selanjutnya.

Selalu Berinvestasi

Melakukan investasi dapat menjamin kondisi keuangan Anda tetap stabil di masa depan, karena tidak mungkin Anda akan bekerja terus menerus tanpa berhenti. Cepat atau lambat akan tiba saatnya bagi anda untuk menjalani masa pensiun. Coba bayangkan ketika Anda sudah dalam masa pensiun namun keuangan anda masih dalam kondisi yang tidak stabil. Karena itu, hindari dengan melakukan kebiasaan investasi agar Anda dapat menikmati masa pensiun dengan tenang.

Artikel ini merupakan kerjasama antara Republika.co.id dengan Cermati.com, portal pembanding produk keuangan Indonesia

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement