Kamis 03 Mar 2016 08:42 WIB

Miliarder Cina Bangun Taman Bermain Pesaing Disneyland Paris

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Disneyland Paris merupakan salah satu tempat wisata incaran turis.
Foto: EPA
Disneyland Paris merupakan salah satu tempat wisata incaran turis.

REPUBLIKA.CO.ID, Dalian Wanda Group Co yang dipimpin oleh miliarder Cina, Wang Jianlin, berencana untuk menginvestasikan dana sebesar 3 miliar euro (Rp 43,3 triliun) dalam sebuah proyek pengembangan ritel dan rekreasi di luar Paris. Investasi besar tersebut akan mendorong posisi Walt Disney Co menjadi urutan terbesar kedua di wilayah Eropa.

Wanda Group Co akan menginvestasikan dana mereka dalam sebuah proyek pengembangan terbesar di Eropa dengan nama EuropaCity. Terletak 10 kilometer di Timur Laut Paris, EuropaCity akan diisi dengan berbagai fasiitas seperti panggung pertunjukan, hotel, toko perdagangan, pusat konferensi dan tentunya taman bermain.

Melalui mega proyek pariwisata ini, Wang memasang target untuk bisa mengalahkan Disney dalam hal bisnis taman bermain. Pada Januari lalu, misalnya, pria terkaya di Cina ini mengatakan bahwa jumlah kedatangan pengunjung dan pendapatan yang akan ia dapatkan dari taman bermainnya di EuropaCity akan mengalahkan capaian dari Disneyland di Shanghai dan Hong Kong.

Selain mengancam posisi Disneyland di Shanghai dan Hong Kong, taman bermain yang akan dibangun Wang juga diperkirakan akan menjadi pesaing berat dari Disneyland Paris. Pasalnya, bisnis Disneyland Paris sedang dalam kondisi yang kurang baik. Pada 2014 lalu, Disneyland Paris membutuhkan kucuran dana atau bailout untuk meningkatkan fasilitas serta mendongkrak kembali jumlah pengunjung yang telah merosot.

Target Wang dalam menjadi pesaing taman bermain Disneyland pun bukan sekedar isapan jempol belaka. Pasalnya, Pria yang berhasil menggeser posisi Pendiri Alibaba Group Holding Ltd, Jack Ma, dari posisi orang terkaya di Cina ini telah memiliki banyak pengalaman dalam menjalankan taman bermain di berbagai penjuru Cina.

Rencananya, EuropaCity ini akan dibangun di tanah seluas lebih dari 80 hektare. Disinyalir, proyek EuropaCity ini akan menyediakan 20 ribu pekerjaan bagi masyarakat selama proses konstruksi berlangsung dan akan menyediakan sekitar 14 ribu lapangan pekerjaan setelah EuropaCity dibuka.

Wang juga dikenal sebagai pebisnis yang tak tanggung-tanggung dalam mengembangkan usahanya. Beberapa di antaranya, konglomerat ini juga turut berinvestasi melalui jaringan bioskop di Amerika Serikat, klub sepakbola di Spanyol, hingga rumah sakit, dikutip dari Malay Mail Online.

(baca: Hong Kong Kalahkan Singapura Sebagai Rumah Orang Terkaya di Asia)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement