Senin 29 Feb 2016 09:33 WIB

Cara Ersa Mayori Buat Anaknya Mau Makan Sayur dan Buah

Rep: Desy Susilawati/ Red: Indira Rezkisari
Ersa Mayori
Foto: Republika/Desy Susilawati
Ersa Mayori

REPUBLIKA.CO.ID, Anak Anda susah makan sayur? Sudah dipaksa dan dijelaskan manfaatnya tetap tidak mau? Bagaimana caranya agar mereka mau makan? Berikut tips dari Ersa Mayori, selebritass dan ibu dua anak perempuan yang suka sekali makan sayur dan buah.

Menurut perempuan cantik bertubuh mungil ini, jika ingin anak makan sayur, Anda harus mencontohkan ke anak makan sayur. Ini pengalaman pribadi Ersa, Ia makan sayur atau salad di depan anak-anak. Ditambah dengan mimik muka yang menyenangkan seolah-olah sangat puas makan sayur.

Hal ini dianggap Ersa lebih efektif daripada menjelaskan kepada anak-anak mengapa mereka harus makan brokoli, brokoli bagus untuk kesehatan karena mengandung kesehatan. Anak justru malah akan bingung dengan kata-kata orang tua. Mereka akan berkata apa sih bentuknya kerinting, aneh. “Tapi begitu kita makan, nggak perlu ngomong, kita makan dengan enak, mereka akan penasaran, apa sih itu, enak?,” ungkap Ersa.

Bahkan pernah anak Ersa makan selada tanpa cocolan apapun. Itu karena mereka lihat ibunya yang biasa makan dedaunan. “Ternyata ketika mereka coba, not bad, itu pengalaman pribadi yang pernah saya rasakan,” ujarnya.

Menurutnya, kalau satu hal sudah jadi kebiasaan, anak akan mencontoh dan melakukannya dengan konsisten, ini akan menjadi alarm secara otomatis. Tanpa perlu Anda setiap hari menjejali sayur dan buah misalnya. “Kalau mereka sudah biasa makan sayur makan buah, begitu buah kosong dia bisa telepon Saya, Ma buah abis, Mama beli ya, karena sudah jadi kebiasaan, konsisten itu tadi,” ujarnya.

Seberapa sering dan butuh waktu berapa lama untuk memberikan contoh pada anak? Ersa mengatakan ketika lakukan terus menerus di depan mereka pada saat makan bersama, makan malam, atau ketika akhir pekan. Duduk bersama dan orang tua makan sayur, anak akan lihat, dan anak pasti akan mencoba. “Kadang-kadang tidak perlu waktu lama, ketika saya makan dia pasti melirik, apa sih itu Ma, mereka tertarik. Jika kakaknya mengikuti, adiknya pasti ikut,” ujarnya.

Selain sayur dan buah, Ersa juga memenuhi semua asupan nutrisi yang bergizi dan penting untuk anak-anaknya. Dan dikonsumsi secara konsisten setiap hari. Ia juga mengajarkan anaknya untuk istirahat, minum air putih dan olahraga. “Karena anak saya sering melihat bapak ibunya olahraga ringan di kamar. Mereka ikut olahraga. Sebelum tidur mereka minta sit up,” ujarnya.

(baca: Remaja tak Suka Sayur Rentap Idap Kanker di Usia Tua)

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement