Rabu 24 Feb 2016 15:39 WIB

5 Cara Ampuh Atasi Sulit Terlelap

Rep: C27/ Red: Indira Rezkisari
Membaca sebelum tidur bisa membantu tidur lebih lelap.
Foto: pexels
Membaca sebelum tidur bisa membantu tidur lebih lelap.

REPUBLIKA.CO.ID, Gawai menjadi musuh utama ketika Anda akan tidur. Keberadaan gawai di dekat Anda hanya akan jadi godaan untuk kembali mengeceknya setiap kali ada kesempatan sebelum terlelap.

Studi sudah menjelaskan, jika sinar yang dihasilkan gawai merusak kualitas tidur Anda. Memungkinkan Anda akan lebih sulit tidur bahkan jika tertidur pun tidak lelap.

Daripada Anda bermain gawai ketika sulit tidur, yang justru membuat Anda semakin tidak tidur, biasanya rutinitas seperti membayangkan hal-hal sederhana menjadi pengantar tidur. Membayangkan domba berlompatan dan menghitungnya atau mendengarkan musik yang ringan mengalun dari pengeras suara di kamar akan membuat Anda merasa tenang dan cepat terlelap.

Di samping itu, dikutip dari Huffingtonpost, Rabu (24/2), berikut ini kegiatan lain yang membuat Anda siap untuk tertidur dengan pulas.

 

Membaca buku

Tentu membaca buku bukan menjadi rahasia umum membuat Anda akan cepat tertidur. Penelitian pun sudah mengakui membaca dapat membantu meningkatkan kualitas tidur Anda.

Ambil buku yang dianjurkan tidak terlalu membuat Anda antusias. Jika buku tersebut terlalu mengasyikan, dikawatirkan Anda justru terus membaca dan melupakan rencana awal untuk tertidur.

Menulis jurnal

Menulis jurnal dalam artian menulis yang sesungguhnya, menggunakan pena dan kertas, bukan menulis status di media sosial Anda. Ini terdengar klasik memang untuk saat ini, tapi melibatkan fisik Anda secara nyata sangat membantu membuat Anda lekas terlelap.

Anda bisa menulis tentang kegiatan yang sudah dilakukan sehari-hari, rasa syukur yang telah diterima, atau hal-hal yang ingin dilakukan kemudian hari. Menulis jurnal sama dengan Anda merefleksikan diri sebelum tidur.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement