Rabu 24 Feb 2016 08:12 WIB

Ini Tips Siapkan Bekal Makan Siang dari Chef Yuda Bustara

Rep: Desy Susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Atraksi memasak Chef Yuda Bustara
Foto: Desy Susilawati/Republika
Atraksi memasak Chef Yuda Bustara

REPUBLIKA.CO.ID, Chef Yuda Bustara, merupakan chef yang suka membuat dan mengonsumsi makanan sehat. Makanan yang sehat ini sebenarnya bisa dibikin sendiri di rumah, dan dijadikan bekal untuk makan siang atau sarapan Anda.

Chef muda ini juga dikenal bisa membuat makanan dalam waktu singkat dengan cara praktis. Lalu bagaimana trik dan tips menyiapkan bekal makan yang singkat itu? 

Begini cara Chef Yuda. Untuk menyiapkan bekal makanan, Anda bisa melakukan beberapa cara. Pertama bisa dengan cara mengungkep makanan. Misalnya untuk ayam, bisa diungkep dan disimpan lebih lama di dalam kulkas. Paling tidak selama tiga hari.

Ayah sudah diungkep kemudian disimpan di dalam wadah dan masukkan ke kulkas. “Ketika hendak dikonsumsi dan dijadikan bekal, supaya lebih sehat sebaiknya di hangatkan di dalam microwave, jangan di goreng,” ujarnya usai peluncuran program Let’s Pack a Lunch, di Jakarta, Selasa (23/2).

Selain itu, bisa pula dengan memasaknya setengah matang terlebih dahulu. Lalu disimpan juga di dalam kulkas. Ketika mau dikonsumsi, bisa diolah kembali. Misalnya mau masak pasta atau spageti. Bisa dibuat seminggu sebelumnya dengan cara rebus matang. Saat hari H, bisa dicelupkan air panas, tinggal ditambah saus di tempat berbeda. Kemudian dicampurkan. 

"Nah itu untuk bolognaise, krim sauce, karena cuma bumbu tumisan. Tidak untuk oglio olio yang harus dimasak lagi," ujarnya.

Sementara untuk sayuran, dia mengatakan tidak bisa disimpan lama, harus segar setiap hari. "Sayuran tidak bisa disimpan. Kecuali mau buat bumbu krim jus, pagi-pagi masukan sayuran dan bisa disimpan selama delapan jam tapi harus masuk kulkas, kalau tidak sayuran akan rusak," ujarnya. 

Sedangkan untuk salad, lanjutnya, pagi-pagi atau malam harinya, semua sayuran sudah dipetik, dicuci, masukan ke dalam kulkas, di dalam wadah yang bersih dan ada udaranya. Bagian bawah wadah agar dialasi tisu supaya cairan menyerap ke tisu. Ini berfungsi membuat sayuran tidak lembek.

Menurut Yuda, menyiapkan makanan yang akan dijadikan bekal malam hari sebelumnya pun bisa dilakukan, Bahkan beberapa hari sebelumnya. Atau justru, Anda siapkan satu hari khusus untuk menyiapkan makanan, masak setengah matang. 

Kemudian, masukkan semuanya di dalam wadah tertutup yang bisa masuk microwave. Simpan di chiller, dan ketika mau dimakan bisa diolah kembali atau dihangatkan saja. Menurut Yuda, hal ini bisa dilakukan seminggu sebelumnya.

“Kalau masak lebih banyak, sediakan waktu satu hari untuk membuatnya. Lebih nyaman tidak buang-buang waktu. Jadi tidak perlu masak setiap hari,” jelasnya.

 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement