Ahad 21 Feb 2016 05:06 WIB

The Mermaid Tembus Rekor di Cina

Rep: lintar satria zulkifli/ Red: Taufik Rachman
Stephen Chow
Stephen Chow

REPUBLIKA.CO.ID,  BEIJING -- The Mermaid memecahkan box office di negaranya sendiri, yakni Cina. Film ini menyalip rekor sebelumnya Monster Hunt dan film Hollywood Furious 7. Pertempuran film domestik dan internasional berkembang pesat di Cina.

Kantor berita Xinhua menyatakan film komedi yang disutradarai Stephen Chow ini menghasilkan 2,47 miliar yuan pada Jumat (19/2) lalu. Rekor sebelumnya yang dipegang oleh Monster Hunt yang menghasilkan 2.44 miliar yuan pada September lalu menyalip film mobil balap Furious 7 dari tempat teratas.

Sony Corp dan Walt Disney semakin melirik Cina. Walaupun harus bersaing dengan film lokal dan halangan sensor. Cina hanya mengalokasikan 34 film asing setiap tahun.

Film asing sebelumnya mendominasi di Cina namun sineas lokal semakin berkembang saat ini. Ketika Amerika Utara sebagai pasar terbesar di dunia mengalami pertumbuhan yang semakin menurun. Cina justru menunjukan kenaikan yang pesat. Xinhua menyatakan kenaikan pertumbuhan penonton bioskop di Cina naik 50 persen, seperti dilansir dari Reuters.

The Mermaid bertema komedi romantis tentang seorang kontraktor yang jatuh cinta pada putri duyung yang dikirim untuk membunuhnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement