Rabu 17 Feb 2016 13:13 WIB

Menyusui Dua Bayi Sekaligus? Ini Triknya...

Rep: Mutia Ramadhani/ Red: Indira Rezkisari
Bayi kembar
Foto: flickr
Bayi kembar

REPUBLIKA.CO.ID, Tandem menyusui atau menyusui dua bayi sekaligus merupakan tantangan bagi ibu-ibu yang melahirkan bayi kembar. Ibu tak perlu khawatir, sebab payudara wanita memiliki kemampuan luar biasa untuk menyesuaikan diri dengan kondisi dua buah hati. Tandem menyusui juga penting untuk meningkatkan ikatan antara saudara kandung di samping bermanfaat bagi kesehatan sang ibu.

Jika Anda sekarang berpikir menyusui dua anak sekaligus, bukan satu per satu, maka berikut lima tips agar anak-anak kembar Anda bisa menikmati manfaat dari ASI bersamaan, dilansir dari Fit Pregnancy, Rabu (17/2).

Cari posisi enak

Anda harus kreatif mencari berbagai posisi nyaman bagi Anda dan kedua buah hati. Ada dua posisi populer, tidur dan duduk. Posisi tidur sama seperti Anda mengapit dua bola di ketiak kiri dan kanan Anda, namun dalam posisi berbaring. Tempelkan bayi Anda dalam posisi setengah telungkup ke payudara kiri dan kanan Anda

Pada posisi duduk, Anda menimang kepala bayi di tempat tidur dibantu lengan dan perut Anda. Konsultan laktasi di Concord, Ohio, Michelle Carsen mengatakan ibu sebaiknya meningkatkan intensitas merawat bayi kembarnya dalam waktu bersamaan, terutama tandem menyusui.

"Perkembangan bayi-bayi kembar ini akan berbeda jika ibunya melakukan tugas secara terpisah-pisah," ujarnya.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement