Selasa 16 Feb 2016 10:09 WIB

Girls, Ini Makna di Balik Siklus Menstruasi Kamu

Rep: Adysha Citra R/ Red: Indira Rezkisari
Setiap wanita yang datang bulan perlu memerhatikan cirinya, agar kesehatan tidak terganggu.
Foto: Republika/Rakhmawaty La'lang
Setiap wanita yang datang bulan perlu memerhatikan cirinya, agar kesehatan tidak terganggu.

REPUBLIKA.CO.ID, Menstruasi merupakan satu fase rutin yang biasanya akan dialami oleh setiap wanita. Hanya saja, pengalaman menstruasi setiap wanita tak selalu sama satu sama lainnya.

Perbedaan ini terkadang mendorong wanita bertanya-tanya sejauh mana menstruasi dapat dikatakan 'normal'. Berikut ini ialah enam hal yang perlu dipahami terkait mensruasi menurut dokter ahli kandungan, Duru Shah.

Siklus

Tiap wanita memiliki siklus yang berbeda satu sama lainnya. Akan tetapi, siklus menstruasi yang masih tergolong normal ialah 28-35 hari. Untuk menghitung dengan benar, perhitungan siklus menstruasi dilakukan sejak awal menstruasi datang. Jika siklusnya berulang dalam jangka waktu 28-35 hari, maka menstruasi dapat dikatakan normal. Jika tidak, maka wanita yang bersangkutan perlu berkonsultasi dengan dokter.

Durasi

Semakin bertambahnya usia, durasi menstruasi akan memendek dengan sendirinya. Akan tetapi, dalam kondisi normal, durasi menstruasi terjadi selama 3-7 hari. Normalnya, pendarahan akan terjadi cukup banyak di hari kedua dan ketiga dalam masa menstruasi.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement