Senin 15 Feb 2016 20:39 WIB

Kuliner Bandung-Bogor Bakal Dipromosikan di Go ASEAN

Menteri Pariwisata Arief Yahya.
Foto: Republika/Agung Supriyanto
Menteri Pariwisata Arief Yahya.

REPUBLIKA.CO.ID,  JAKARTA -- Indonesia memiliki kekayaan kuliner yang melimpah. Kementerian Pariwisata kian gencar mempromosikan kuliner asli Indonesia untuk pasar Malaysia.

Menteri Pariwisata (Menpar) Arief Yahya mengatakan, sedikitnya 11 destinasi sudah disiapkan secara matang untuk membidik selera lidah orang dari negeri Melayu itu.

"Edisi awal, makanan Bandung dan Bogor yang akan dipromosikan di Go ASEAN Channel Astro TV Malaysia," ujar Menpar dalam keterangan tertulisnya, Senin (15/2). Dua kota itu, kata Arief sudah memiliki akses atau connectivity dengan Malaysia dengan baik.

Pesawat Air Asia sudah terbang langsung dari Kuala Lumpur langsung Bandung. Sedang Bogor, dengan tol jalan darat bisa ditempuh cepat dan pemandangan kiri-kanan nya cukup hijau menyejukkan mata. "Prioritas yang dipromosikan adalah destinasi yang sudah punya akses bagus," ungkapnya.

Menpar tak asal membidik Go ASEAN Channel. Saluran TV itu salah satu yang sukses karena food channel-nya. Mantan dirut Telkom itu ingin Indonesia punya acara-acara unggulan di Go ASEAN Channel. Popularitasnya tak kalah dengan Asian Food Channel yang mempublikasikan Discovery Perak dan Chef wan yang menceritakan aneka kuliner Malaysia.

Menurut dia, kibarannya tak kalah dengan acara Eye On Malaysia yang menceritakan aneka destinasi di Malaysia. “Indonesia harus memanfaatkan ini. Kita jangan kalah dari Malaysia yang mampu hadir secara masif di televisi-televisi di seluruh dunia,” papar Arief.

Arief menegaskan, Indonesia kaya kuliner. Hanya cara mengemas dan gaya kemasannya yang belum berorientasi global. Menurut dia, kuliner Indonesia tak kalah dengan Malaysia.  "Bedanya, mereka mempromosikan kulinernya, kita tidak. Sekarang kita akan all out untuk promosikan berbagai jenis kuliner yang masuk di selera negara tetangga," tegasnya.

Menurutnya, Indonesia tidak kalah. Saat ini, Kemenpar sudah menyiapkan konsep GOTravel. Itu adalah serial wisata selama 28 menit yang terdiri dari 13 episode dari Go ASEAN channel. Misinya,mempromosikan pariwisata di kawasan ASEAN. Dari paparannya, acara ini menyoroti destinasi wisata, termasuk event dan aktivitas untuk menginspirasi wisatawan di seluruh dunia.

Ada 11 destinasi wisata unggulan yang sudah disiapkan di kawasan Bandung dan Bogor. Untuk kawasan Bandung, Kemenpar menyiapkan Dusun Bambu, Saung Angklung Udjo, Wayang Golek, Kawah Putih dan Kawah Ratu (Tangkuban Perahu). Selain itu ada vloating market, Tarung Derajat, dan Sapulidi Sawah Patuha Resort. “Khusus Sapulidi Sawah Patuha Resort masih menunggu konfirmasi,” kata Asisten Deputi Pengembangan Pasar Asia Tenggara Rizki Handayani Mustafa.

Untuk kawasan Bogor, Kemenpar menyiapkan  Taman Safari Indonesia Cisarau, Pancasan (tempat pembuatan gong) dan Hotel Rancamaya. Dalam membungkus program GoTravel Kemenpar menggandeng host Adinia Wirasti. Dia adalah salah satu pemeran yang tampil di film Ada Apa Dengan Cinta, mini drama yang sudah ditonton 3.092.657 user setia Youtube.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
Advertisement
Advertisement