Sabtu 13 Feb 2016 08:17 WIB

Melihat Indonesia di Kertas Hasil Goresan 'Maestro' Srihadi Soedarsono

Seorang pengunjung mengamati lukisan Srihadi Soemarsono yang dipamerkan di Galeri Nasional Jakarta
Foto:
Salah satu hasil lukisan Srihadi Soedarsono yang dipamerkan di Galeri Nasional Jakarta

Selain itu juga ada penggambaran perundingan antara Indonesia dengan Belanda yang ditengahi oleh Amerika Serikat di Kaliurang. Srihadi yang diutus menjadi wartawan lukis menggambar seluruh 30 delegasi yang hadir, lengkap dengan tanda tangan masing-masing.

"Jadi benar-benar dibawa ke suasana museum," kata dia.

Hal senada diutarakan Rikrik Kusmara selaku kurator. Pameran ini unik karena banyak orang yang menganggap bahwa karya lukis di atas kanvas akan memiliki nilai yang lebih lama.

"Tapi waktu saya riset data beliau, betapa terkejutnya saya melihat seluruh rangkaian dokumentasi terarsip, tersusun dengan rapi dan baik. Itulah kenapa akhirnya judul pameran adalah rentang pengembaraan, karena dimensinya yang luas," ujar dia.

Dengan segala nilai dan informasi yang didapat di dalam karya Srihadi, ia menilai apa yang dipamerkan ini adalah aset bangsa.

"Karena itu saya dari awal juga sangat menekankan pentingnya keamanan di pameran ini," ujar dia.

Sementara bagi Srihadi, kertas-kertas yang dipamerkan sangat berharga baginya karena merupakan bagian dari sejarah karier sebagai seniman.

"Saya harap lebih banyak pecinta seni yang bisa menghargai karya dengan media kertas. Karya yang menggunakan material kertas bagi saya sama kualitasnya dengan lukisan di atas kanvas. Jadi kanvas dan kertas sama saja yang terpenting kualitas gambarnya," kata dia.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement