Rabu 10 Feb 2016 16:28 WIB

Cara Alami Bersihkan Rambut tanpa Sampo

Rep: Puti Almas/ Red: Ani Nursalikah
Daun mint
Foto: aroundtheplate.org
Daun mint

REPUBLIKA.CO.ID, Apakah Anda memiliki masalah dengan rambut, seperti gangguan ketombe dan rambut rontok? Para ahli kecantikan mengatakan, 90 persen pria dan perempuan memiliki permasalahan ini karena menggunakan sampo yang salah.

Karena itu, para ahli menyarankan Anda dengan masalah rambut semacam ini memerlukan perawatan khusus yang alami. Hindari penggunaan sampo dan kondisioner untuk sementara waktu.

Dilansir Bold Sky, berikut beberapa ramuan alami sebagai ganti sampo untuk membersihkan kulit kepala dan menjadikannya lebih sehat.

Daun mint

Panaskan semangkuk air hingga suam-suam kuku. Masukan daun mint ke dalam air hangat tersebut selama lebih kurang 10 menit. Gunakan air tersebut untuk membersihkan kulit kepala. Ambil juga sisa daun mint untuk digosokkan secara langsung ke kulit kepala. Hasilnya, kulit kepala bersih terbebas dari minyak dan kotoran.

Baking soda

Baking Soda bisa digunakan tak hanya untuk membuat kue, tapi juga menyingkirkan ketombe. Satu yang perlu Anda lakukan adalah letakkan baking soda ke kulit kepala yang kering dan biarkan selama enam menit. Kemudian, bersihkan dengan air.

Cuka

Gunakan cuka untuk memijat dan membersihkan kulit kepala. Pertama, tuangkan cuka ke kulit kepala dan pijat selama tujuh menit. Setelah itu, bila dengan air dingin tanpa menggunakan sampo dan kondisioner.

Minyak lemon dan kuning telur

Minyak lemon membantu menyingkirkan kotoran dari kulit kepala dan membuatnya lebih bersih dan wangi. Campurkan empat tetes minyak lemon dan dua buah kuning telur dalam mangkuk. Gosok ke kulit kepala selama 10 menit dan bilas.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement