Senin 08 Feb 2016 12:32 WIB

Agar tak Konsumtif, Shahnaz Ajarkan Anak Pilih Teman

Rep: Desy susilawati/ Red: Andi Nur Aminah
Shahnaz Haque ketika menjadi pemateri pada pelatihan Bagimu Guru Kupersembahkan (Karawang 22/6/11)
Foto: Adjie Sambogo/Republika
Shahnaz Haque ketika menjadi pemateri pada pelatihan Bagimu Guru Kupersembahkan (Karawang 22/6/11)

REPUBLIKA.CO.ID, Presenter cantik, Shahnaz Haque mengatakan tidak hanya orang yang berpenghasilan Rp 5 juta ke bawah yang wajib menjalani gaya hidup frugalisme. Tapi menurut dia, semua orang harus bisa menjalani gaya hidup hemat ini, terutama kalangan anak muda.

Bahkan menurutnya gaya hidup frugalisme ini menular seperti halnya pola konsumtif. “Jadi pesan saya pada ketiga anak remaja saya, jangan salah pilih teman, karena teman-teman tuh pengaruhnya besar banget ke anak,” ujar istri drumer Gilang Ramadhan ini kepada Republika.co.id Senin (8/2).

Ia mengungkapkan teman salah satu yang memengaruhi dan bisa mengarahkan anak ke gaya hidup konsumtif. Selain itu masih banyak pengaruh lainnya kepada anak.  “Kalau sudah kecanduan dari kecil dengan gaya hidup konsumtif, biasanya banyak perilaku negatif yang akan menyertai mereka sesudahnya,” kata Shahnaz. 

(Baca Juga: Berpenghasilan di Bawah Rp 5 Juta? Hidup Frugalismelah!)

Ia menoyntohlan seperti yang dibaca di ulasan sejumlah media, dari kleptomania, mencuri bahkan sampai "jual diri", bisa jadi imbas remaja yang pola hidupnya konsumtif. Hal tersebut tentu saja mengerikan utamanya bagi anak remaja putri. 

"Jadi, sebagai orang tua, yuk ajarkan anak pola hidup frugalisme sejak dini. Jangan sampai anak senang bergaya hidup konsumtif, dan berakibat buruk ke depannya," katanya. 

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement