Senin 08 Feb 2016 10:04 WIB

Mengintip Goa Penuh Kengerian di Sabah, Malaysia

Rep: Puti Almas/ Red: Winda Destiana Putri
Goa Gomantong
Foto: Amusingplanet
Goa Gomantong

REPUBLIKA.CO.ID, Jauh di dalam hutan-hutan yang terdapat di bagian utara Kalimantan, tepatnya telah memasuki wilayah Sabah, Malaysia, terdapat goa yang penuh dengan kengerian.

Betapa tidak, meski sekilas terlihat seperti goa pada umumnya, saat Anda masuk ke dalamnya, begitu banyak hal yang dijamin membuat keringat dingin dan rasa mual muncul.

Saat memasuki goa ini, Anda bisa melihat bagian atas, di mana jutaan kelelawar bergelantungan. Sementara, di lantai dan dinding gua, begitu banyak kecoa dan serangga menyeramkan lainnya, serta tikus yang menempel dan berkeliaran.

Goa juga menjadi rumah untuk ular-ular yang mencari mangsa berupa tikus dan kecoak. Satu yang lebih membuat Anda dijamin merasa takut dan mual, goa ini begitu bau karena banyaknya kotora burung yang menempel di dalamnnya.

Namun, bagi orang-orang yang penasaran melihat gua ini, tapi merasa khawatir bersentuhan dengan makhluk-makhluk mengerikan di dalamnya, Anda bisa menaiki tangga kayu menggantung yang disediakan. Sehingga dari atas Anda bisa melihat dengan cukup jelas isi dalam goa.

Meski penuh kengerian, goa Gomantong ini terkenal menjadi sarang dari burung walet. Sarang-sarang yang berharga ini menjadi salah satu kekayaan di Sabah, yang sering diekspor ke mancanegara, salah satunya Cina.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement