Rabu 03 Feb 2016 15:44 WIB

Mengontrol Berat Badan dengan Bantuan Selai Kacang

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Kacang
Foto: pixabay
Kacang

REPUBLIKA.CO.ID, Makanan sehat sejatinya tak harus terasa aneh di lidah. Karena itu selai kacang banyak digemari sebagai salah satu sumber makanan sehat.

Selai kacang mengandung banyak nutrisi seperti vitamin E, magnesium, zat besi, selenium dan vitamin B6. Penelitian menunjukkan orang yang secara teratur makan kacang-kacangan dan selai kacang, termasuk mentega kacang, akan memperlambat perkembangan penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Selai kacang sangat serbaguna, bisa dikonsumsi untuk makanan apa saja, bisa dikonsumsi saat sarapan, makan siang, makan malam, sebagai kudapan atau sebagai makanan penutup. Selai kacang sangat cocok sebagai menu program diet Anda. Selain itu, selai kacang juga memiliki banyak manfaat.

Dilansir dari laman About, Rabu (3/2), berikut manfaat-manfaat selai kacang untuk Anda yang ingin diet.

 

Menghilangkan nafsu makan

KOmbinasi serat selai kacang (sekitar 2 gram per sendok makan) dan protein (sekitar 4 gram per sendok makan) dapat menghilangkan rasa lapar. Sebuah studi di British Journal of Nutrition menemukan bahwa orang yang makan kacang atau selai kacang untuk sarapan mengalami penurunan yang signifikan dalam keinginan untuk makan hingga 12 jam, karena selai kacang dikaitkan dengan peningkatan produksi PYY, hormon merasa-kenyang.

Membantu melangsingkan tubuh

Karena selai kacang dapat membantu mengontrol nafsu makan, otomatis berat badan dapat Anda kontrol. Dengan mengontrol berat badan, Anda bisa mendapatkan sejumlah berat badan yang diinginkan. Menurut penelitian, pemakan kacang cenderung memiliki indeks massa tubuh yang lebih sehat.

Menurunkan kadar kolesterol jahat

Kacang merupakan sumber lemak tak jenuh, yang dapat membantu menurunkan kadar kolesterol jahat. Menurut studi kesehatan universitas Harvard University, wanita yang makan sedikitnya lima porsi kacang per minggu (satu porsi didefinisikan sebagai 1 ons kacang atau 1 sendok makan selai kacang) memiliki 44 persen penurunan risiko penyakit jantung dibandingkan dengan wanita yang jarang makan kacang.

Mengatur gula darah

Kacang-kacangan atau mentega kacang secara alami rendah karbohidrat, sehingga dapat membantu mencegah lonjakan gula darah. Kacang-kacangan atau mentega kacang mereka adalah makanan yang sempurna untuk orang-orang yang mengidap diabetes tipe 2.

Semua jenis kacang termasuk selai kacang memiliki tingkat kalori yang tinggi. Jadi anda juga harus membatas diri dengan  mengkonsumsi 2 sendok makan per hari. Dan tidak semua selai kacang atau mentega kacang diproduksi dengan kandungan yang sama.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement