Sabtu 30 Jan 2016 12:21 WIB

Asyik...Wisata Ke Pulau Bawean Sekarang Bisa Pakai Pesawat Terbang

Rep: Muhammad Nursyamsyi/ Red: Nidia Zuraya
Pulau Bawean
Foto: Google
Pulau Bawean

REPUBLIKA.CO.ID, BAWEAN -- Menikmati panorama alam Pulau Bawean, Gresik yang masih sangat alami, ditambah eksotisme di sepanjang pantai merupakan pengalaman yang tidak akan terlupakan.

Masyarakat Indonesia, khususnya Jawa Timur patut berbangga mengungat akses ke Pulau Bawean, Gresik, saat ini sudah dapat dicapai dengan pesawat.

Bandara Harun Thohir, yang namanya diambil dari salah satu pahlawan nasional, tersebut sudah diresmikan langsung Menteri Perhubungan (Menhub) Ignasius Jonan bersama Gubernur Jawa Timur Sukarwo, Sabtu (30/1).

"Mulai dua hari lalu sudah dioperasikan, satu minggu dua kali selasa dan kamis, nanti setelah ini saya coba carikan alokasi anggaran  kalau bisa seminggu tiga kali," ujarnya saat peresmian di Bandara Harun Thohir, Bawean, Gresik, Sabtu (30/1).

 

Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Kemenhub JA Barata mengatakan, untuk menuju bandara yang terletak di sebuah pulau di utara pulau Madura ini, Kementerian Perhubungan telah menyediakan angkutan udara perintis dioperasikan oleh maskapai penerbangan Airfast Indonesia setiap Selasa dan Kamis dari Bandara Juanda, Surabaya.

"Tarif untuk sekali perjalanan menuju Bawean dari Surabaya sebagaimana tercantum dalam Peraturan Menteri Perhubungan Nomor PM. 194 Tahun 2015, tentang tarif angkutan udara perintis tahun 2016, ditetapkan sebesar Rp 302.200," katanya.

Sementara untuk penerbangan sebaliknya dari Bawean menuju Surabaya, ditetapkan sebesar Rp 244.200. Selain beroperasi dari dan menuju Bawean, Airfast juga menerbangi rute Sumenep-Surabaya dengan tarif Rp 249.700, Surabaya-Karimun Jawa dengan tarif Rp 351.700, dan Karimun Jawa-Semarang dengan tarif Rp 266.200.

Selain menerbangi rute-rute perintis tersebut, maskapai penerbangan Airfast Indonesia juga mengoperasikan angkutan udara perintis pada hari Rabu-Jumat untuk rute Semarang-Karimun Jawa dengan tarif Rp 279.200, serta Karimun Jawa-Surabaya dengan tarif Rp 293.700, dan Surabaya-Sumenep dengan tarif Rp 307.700.

 

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement