Rabu 27 Jan 2016 13:10 WIB

Studi Ungkap Jenis Teh yang Paling Menyehatkan

Rep: MGROL 59/ Red: Indira Rezkisari
Teh hitam
Foto: pixabay
Teh hitam

REPUBLIKA.CO.ID, Menurut penelitian baru yang diterbitkan dalam The American Journal of Clinical Nutrition, Teh hitam dapat memberikan keuntungan pada tekanan darah Anda.

Secara khusus, teh hitam bisa menurunkan tekanan darah. Sebelumnya studi menemukan teh hitam dapat menurunkan hipertensi dan risiko penyakit kardiovaskular. Ada juga penelitian yang menunjukkan teh hitam dapat menurunkan prevalensi diabetes.

Dalam penelitian ini, 92 peminum teh direkrut untuk meminum tiga cangkir teh hitam bubuk dengan teh berkandungan kafein yang sama selama enam bulan. Setelah enam bulan, peserta beralih ke teh daun biasa selama empat minggu.

Hasilnya, peminum teh hitam mengalami tingkat signifikan yang lebih rendah dari variasi tekanan darah sistolik dan diastolik pada malam hari. Para peneliti menulis dalam studi, bahwa efek teh pada variasi yang langsung bereaksi pada hari pertama dan berkelanjutan di tiga dan enam bulan.

Tapi, sebelum Anda membuang kotak teh hijau Anda, ketahui ini peserta studi juga mengikuti diet rendah flavonoid, yang berarti mereka tidak minum teh tambahan, anggur merah atau makan cokelat. Dan juga membatasi konsumsi jus buah (kurang dari empat gelas dalam seminggu) dan kopi (satu cangkir dalam hari).

(baca: Manfaat Mengejutkan Teh Jahe)

Peneliti mencatat, bahwa penelitian lebih lanjut perlu dilakukan sebelum mereka dapat menyarankan meminum teh hitam bisa bermanfaat tekanan darah yang lebih rendah. Dalam beberapa waktu, para ahli menyetujui ini obat alami untuk masalah tekanan darah.

“Yang menimbulkan pertanyaan adalah teh hitam terbaik untuk Anda, atau ada pilihan yang lebih sehat, seperti teh hijau atau putih?”  kata Michelle Davenport, PhD, ahli gizi di San Francisco. Ia juga menambahkan teh hitam dan teh hijau yang baik dari tanaman Camellia sinensis dan keduanya tinggi akan kandungan flavonoid. Flavonoid memiliki aktivitas antioksidan, yang telah terbukti melawan oksidasi dan peradangan yang terkait dengan penyakit kardiovaskuler.

Sementara itu, ilmu pengetahuan tidak bisa (belum) mengatakan dengan pasti jika teh hitam, teh hijau, teh putih atau bahkan bunga teh merupakan pilihan teh untuk kesehatan. Teh apapun bisa disebut sebagai teh yang sehat, selama Anda tidak menambahkan banyak krim dan gula ke dalam cangkir, dikutip dari Prevention.

Seberapa tertarik Kamu untuk membeli mobil listrik?

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement