Sabtu 23 Jan 2016 13:29 WIB

'Bubar Jalan' Juara Festival Film Pendek Indonesia 2015

Rep: MG ROL 56/ Red: Hazliansyah
Rol Film
Foto: ingeyukiko.blogspot.com
Rol Film

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA -- Setelah melalui beragam rangkaian kegiatan, Festival Film Pendek Indonesia (FFPI) 2015 memasuki babak final. Acara dilangsungkan pada Jumat (22/1) di Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia, Jakarta.

Tiga pemenang dari masing-masing kategori diumumkan. Untuk kategori umum diraih film 'Bubar Jalan', disusul film 'Ojo Sok-sokan' dan film 'Opor-oporan'.

Sementara kategori pelajar, pemenang juara pertama diraih oleh film 'Surya the School Gang'. disusul kemudian oleh film 'Coblosan' dan 'Samin' di peringkat dua dan tiga.

Angga Sasongko, salah seorang dewan juri mengatakan, film-film pendek yang berpartisipasi dalam FFPI ini berkisah seputar nasionalisme. Namun menurutnya, nasionalisme yang dimaksud bukan sekadar rasa mencintai tanah air, namun memiliki makna yang lebih luas.

"Nasionalisme adalah ketika berani mengkritik bangsa," Ujar Angga, Juri FFPI 2015 kepada Republika.co.id.

Ia mengatakan Peserta yang berhasil menjadi finalis tanpa disadari lebih banyak berasal dari wilayah Jawa, terutama Jawa Timur dan Jawa Tengah.

"Saya juga bingung kenapa, mungkin ini menunjukkan kalau masa depan film Indonesia ada di Jatim dan Jateng," Ujar Angga.

Advertisement
Berita Lainnya
Advertisement
Terpopuler
1
Advertisement
Advertisement